Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit saat acara Cornenstone Ceremony of Telkom Subcrin Cable System, Padang-Mentawai, di pantai Lolong Padang, Sabtu (26/1/2019). (Foto :Ist)



Wagub Sumbar Apresiasi Telkom Bangun Jaringan Kabel Optik untuk Mentawai

MENTAWAI (SumbarFokus) 

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), untuk pertama kalinya melakukan pelaksanaan pembangunan jaringan telekomunikasi kabel optik lewat jalur laut.

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit kepada www.sumbarfokus.com mengatakan, pemanfaatan jalur laut ini karena kondisi di Kepulauan Mentawai yang saat ini memanfaatkan jaringan telekomunikasi lewat satelit dirasakan belum memadai untuk mendongkrak kemajuan pembangunan di daerah itu.

Ia mengatakan, dalam pemanfaatan salah satu teknologi modern yang pertama dilakukan di Sumbar ini pihak Telkom telah melakukan launching penarikan kabel optik Telkom dari Padang ke Tua Pejat dalam sebuah kegiatan bertajuk Cornenstone Ceremony of Telkom Subcrin Cable System, Padang-Mentawai, di pantai Lolong Padang, Sabtu (26/1/2019) lalu.

Iklan Dalam Berita

Ia mengatakan, dengan lancarnya jaringan komunikasi antara Kepulauan Mentawai dengan daratan tentu akan memudahkan komunikasi dan informasi baik pemerintah dan masyarakat.

Menurut Nasrul Abit, dengan adanya pembangunan ini percepatan kemajuan pembangunan Mentawai akan lebih mudah diwujudkan.

“Program ini bagian dari pembahasan program sebagai upaya percepatan pelaksanakan pembangunan di Kepulauan Mentawai. Untuk itu, diharapkan pembangunan kabel optik PT. Telkom ini tidak sebatas jaringan Padang ke Tua Pejat semata, melainkan berlanjut ke daerahan kepulauan lain, Siberut, Sipora, Pagai Selatan dan Pagai Utara,” katanya.

Ia mengatakan, jika semua jaringan telekomunikasi di Kepulauan Mentawai tumbuh merata di setiap wilayah, tentu kemajuan pembangunan daerah itu semakin hebat.

“Mentawai menjadi daerah terbuka bagi siapa saja, investor akan mudah masuk dan diharapkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat semakin lebih baik,” katanya.

Nasrul berharap ini juga berdampak bagi pengembangan kemajun dunia pendidikan, pariwisata, pelayanan pemerintah dan sektor-sektor pembangunan lainnya di Kepulauan Mentawai.

Sementara Wakil Bupati Mentawai Kortanius Sabaleake menyampaikan rasa terima kasih atas kepedulian Telkom Indonesia dalam mendorong memajukan pembangunan di Kepulauan Mentawai.

“Sentuhan program pembangunan Telkom tentu akan berdampak luas dalam peningkatan pembangunan nantinya. Program ini akan berdampak banyak di berbagai sektor pembangunan, baik bagi pemerintah maupun masyarakat di Kepulauan Mentawai,” ungkapnya. (005)

 

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *