Gubernur Sumbar Irwan Praytino dan Kepala SMAN 1 Padang saat menandatangi prasasti usai pembukaan SMAPSIC XIV Tahun 2019 usai di GOR SMAN 1 Padang, Sabtu (26/1/2019). (Foto: Wahyu)


Pendidikan

SMAPSIC XIV Siapkan Bibit Siswa untuk OSN 2019

PADANG (SumbarFokus)

Sebanyak 250 siswa tingkat menengah atas bertarung pada SMAN 1 Padang Science Competition (SMAPSIC) XIV yang digelar SMAN1 Padang. Kegiatan ini sekaligus mencari bakat siswa yang akan bertarung di ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2019 nantinya.

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno mengatakan, baginya kegiatan ini juga sebagai ajang mewujudkan generasi yang kompetitif, kritis, dan berkarakter. Pasalnya, melalui kegiatan ini siswa bisa mengasah kemampuan di bidang sains.

“Kami dari Pemerintah Provinsi Sumbar sangat mengapresiasi SMAPSIC ini, apalagi ini yang ke-14 kalinya. Kita juga salut karena kegiatan besar bisa dilakukan semuanya oleh siswa, termasuk mencari sponsor,” ungkap Irwan usai membuka kegiatan secara resmi, di GOR SMAN 1 Padang, Sabtu (26/1/2019).

Iklan Dalam Berita

Menurut Irwan, SMAPSIC ini sangat bermanfaat untuk memotivasi siswa, baik SMP maupun SMA untuk terus mengasah kemampuannya. Selain itu, ajang ini juga memberikan ruang bagi siswa untuk bisa ikut berkompetisi, atau sebagai modal untuk mengikuti OSN ke depannya.

“Kegiatan ini tentu menggaet bibit-bibit siswa yang berprestasi, apalagi ini juga bekerjasama dengan Universitas Negeri Padang (UNP) dan Universitas Andalas (Unand), yang kita harapkan terus berlanjut,” tutur Irwan.

Sementara Kepala SMAN 1 Padang Nukman menyebutkan, ajang bergengsi tingkat SMA ini sebagai bentuk praolimpiade sebelum mengikuti seleksi tingkat kota dan kabupaten. Dengan tujuan agar siswa benar-benar matang ketika ikut OSN nantinya.

Ia menyebutkan, kegiatan SMAPSIC XIV ini diikuti 250 siswa dari berbagai sekolah dari enam provinsi. Ratusan peserta tersebut bertarung dalam sembilan bidang sains yang diperlombakan, diantaranya matematika, fisika, kimia, biologi, ekonomi, geografi, antropologi, kebumian, dan TIK.

“Tahun ini diikuti siswa dari enam provinsi, seperti dari Jambi, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Palembang, dan Sumbar. Kalau tahun lalu juga diikuti dari Sumatera Utara, tapi dari segi jumlah peserta sama,” sebut Nukman.

Terkait pelaksanaan SMAPSIC XIV ini katanya, semuanyadihandle oleh siswa SMAN 1 Padang setiap tahunnya. Selain sebagai proses belajar bagi siswa menggelar acara juga sebagai untuk meningkatkan kompetensi siswa dari segi keilmuan.

Kepala SMAN 1 Padang ini mengakui, selama tiga tahun berturut-turut dalam pelaksanaan SMAPSIC ini sekolahnya selalu menjadi yang terbaik. Sebab itu pula usai pelaksanaan SMAPSIC XIV ini pihaknya akan menempa siswa yang masuk nominasi lima besar agar bisa berkompetisi di tingkat nasional.

“Harapan kita SMAPSIC ini bisa meningkatkan kompetensi siswa Sumbar yang lebih berkualitas. Apalagi SMAPSIC XIV ini menyediakan total hadiah Rp150 juta dan tropi bergilir,” pungkas Nukman. (005)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *