Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat mengikuti Car Free Day Chatib Sulaiman di Padang. (Foto: Wahyu)


Olahraga

Setelah Dievaluasi, Car Free Day Chatib Sulaiman Tetap Dilanjutkan

PADANG (SumbarFokus) 

Usai peluncuran Car Free Day (CFD) atau hari bebas kendaraan bermotor di Chatib Sulaiman Padang, Sumatera Barat (Sumbar) pada minggu yang lalu, mengundang berbagai polemik di tengah masyarakat setempat.

Pasalnya terkait pelaksanaan tidak sesuai dengan perencanaan sebelumnya. Terutama banyaknya pedagang yang memakai , dan sampah yang memakai badan jalan. Atas kejadian itu, Pemerintah Provinsi Sumbar melakukan evaluasi untuk perbaikan pelaksanaan Car Free Day berikutnya.

"Car Free Day memang dibutuhkan oleh masyarakat kita, sebab sudah menjadi life style. Jadi pelaksanaannya memang harus ditata dengan baik. Kita tidak mematikan UMKM, tapi jangan sampai orang yang berolahraga terganggu," kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno kepada SumbarFokus di Padang, Jumat (25/1/2019).

Iklan Dalam Berita

Gubernur Sumbar menegaskan bahwa Car Free Day di Chatib Sulaiman ini harus dilanjutkan. Pasalnya kegiatan ini sudah diluncurkan, bahkan sudah digadang-gadangkan sebagai ikon Car Free Day di Sumbar. Hanya saja, Irwan menegaskan bahwa pelaksanaannya memang harus lebih tertib, terutama terkait padagang, sampah, dan parkir.

Dalam rapat itu, Irwan juga menegaskan bahwa petugas lalu lintas dari Kapolresta Padang harus mengatur lalu lintas dan parkiran. Kemudian, dinas kebersihan harus menyiapkan petugas kebersihan untuk menyediakan tong sampah lebih banyak, dengan tujuan agar sampai dari UMKM tidak berserakan.

Selain itu, Irwan juga mengingatkan pelaku UMKM harus tertib saat menjajakan dagangannya. Setiap pelaku UMKM harus berjualan di depan toko atau perkantoran di sepanjang kawasan Chatib Sulaiman, bukan memakan badan jalan atau mendirikan tempat UMKM secara permanen.

"Car Free Day jangan sampai berhenti di tengah jalan, tapi perbaiki saja yang kurang dan evaluasi terus-menerus. Pelaku UMKM tertibkan, jangan sampai mengganggu masyarakat yang ingin aktifitas olahraga," tegasnya.

Sementara Sekda Kota Padang, Hasnel juga berpendapat yang sama, bahwa dalam menyukseskan Car Free Day Chatib Sulaiman ini, harus dilakukan kerjasama oleh semua pihak. Apalagi terkait banyaknya pelaku UMKM yang berjualan di badan jalan, dan banyaknya sampah yang berserakan usai kegiatan olahraga dilaksanakan.

"Terkait adanya masalah Car Free Day minggu lalu terus kita evaluasi, jika kita kerja bersama-sama, tidak ada yang tidak bisa diselesaikan," ujar Hasnel.

Selain Gubernur Sumbar dan Sekda Kota Padang, juga turut hadir dalam kesempatan itu, Kadispora Sumbar, Kadis Lingkungan Hidup, Dinas Kebersihan Kota Padang, Kadis Koperasi dan UMKM, IMA Chapter Padang, Polresta Padang, dan stake holder terkait lainnya. (005

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *