Ribuan masyarakat Kota Padang mengikuti Car Free Day di kawasan Jalan Chatib Sulaiman Padang, Minggu (20/1/2018). (Foto: Wahyu)


Olahraga

Ribuan Warga Padang Ikuti Car Free Day di Chatib Sulaiman

PADANG (SumbarFokus)

Hari Minggu 20 Januari 2019 Car Free Day (CFD) digelar di sepanjang Jalan Chatib Sulaiman Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), mulai jam 06.00 WIB sampai dengan jam 10.00 WIB.

Car Free Day ini dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno didampingi Wakil Gubernur Nasrul Abit, Kapolda Sumbar Fakhrizal, Walikota Padang Mahyeldi, Dispora Sumbar Adib Alfikri, keluarga besar Chatib Sulaiman, dan beberapa pejabat lainnya.

Dalam sambutan Irwan Prayitno mengatakan, Car Free Day ini sudah menjadi suatu kebutuhan bagi masyarakat perkotaan terhadap olahraga.

Iklan Dalam Berita

Kegiatan ini kata dia, bekerjasama dengan Indonesia Marketing Association (IMA) Chapter Padang ini sekaligus memperingati 70 tahun gugurnya Chatib Sulaiman.

"Seperti kota metropolitan lainnya CFD ini di lengkapi fasilitas umum, pelayanan publik, seperti donor darah, cek kesehatan gratis, mengurus perpanjangan SIM dan lainnya,” kata Irwan sebelum melepas peserta kegiatan.

Dalam sambutannya, Irwan mengungkapkan rasa senangnya melihat ribuan masyarakat Kota Padang, memadati kawasan Chatib Sulaiman, sebagai bukti masyarakat kota setempat benar-benar membutuhkan suasana olahraga yang aman dan nyaman setiap minggunya.

“Saya apresiasi kegiatan ini, karena banyak yang membawa teman, anak dan keluarga untuk berolahraga agar menjadi keluarga yang sehat, sekaligus ajang silaturahim. Saya berharap kegiatan ini berlanjut ke hari Minggu selanjutnya," tambah Irwan.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumbar, Adib Alfikri menyampaikan, jalan Chatib Sulaiman disediakan untuk berolahraga setiap hari Minggu pagi. Pihaknya menyediakan tempat olahraga di sepanjang jalan, baik menggunakan sepeda, senam aerobik, karate, silat dan lainnya.

Adib mengatakan, pihaknya juga bekerja dengan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Sumbar dengan harapan bisa menjaring pelaku UMKM lainnya. Salah satunya dengan terlebih dahulu mendaftar secara dalam jaringan (daring/online) dan ditempatkan sesuai lokasi yang telah ditentukan.

“Kita juga menyediakan posko kesehatan untuk masyarakat yang ingin donor darah atau ingin periksa kesehatan secara gratis oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumbar,” sebutnya.

Demi kenyamanan berolahrag setiap minggunya, ke depan pihaknya akan membagi Jalan Chatib Sulaiman Padang ini untuk jalur bagi pejalan santai dan jalur sepeda. Selanjutnya kata dia, juga ada kegiatan-kegiatan cabang olahraga lainnya seperti futsal, basket, panahan, tenis meja, dan sebagainya.

"Bahkan untuk hari ini kami sudah membagikan 50.000 kupon undian untuk mendapat hadiah yang cukup menarik, seperti sepeda gunung, televisi, dan alat elektronik lainnya,” pungkas Adib. (005)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *