Kewaspadaan dalam menggunakan listrik dan memperhatikan keberadaan listrik serta hal-hal yang terkait dengan keberadaannya penting demi menjaga keamanan dan keselamatan dari potensi bahaya yang bisa timbul. (Foto: Ist.)



Penting, Peduli Bahaya Listrik!

PADANG (SumbarFokus)

Keberadaan listrik sangat penting bagi kehidupan sehari-hari masyarakat. Listrik memegang peranan vital dalam berbagai hal. Tanpa listrik, hidup bisa gelap, monoton, dan lamban pada kemajuan. Namun, pentingnya keberadaan listrik juga diiringi dengan tuntutan perlunya mewaspadai bahaya listrik. Oleh karena itu, PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Barat (Sumbar) mengimbau masyarakat agar peduli terhadap bahaya listrik, dalam arti kata selalu ingat untuk berhati-hati dalam setiap hal berkenaan dengan listrik.

“Hal-hal yang tampaknya sepele bisa jadi berbahaya bila tidak diacuhkan. Misalnya saja bermain layang-layang di dekat jaringan listrik. Ini berpotensi berbahaya!” tegas Deputi Manager Hukum dan Humas PLN Sumbar Remialis, Senin (28/1/2019).

Beberapa hal lainnya, disebut Remialis, yang perlu mendapat perhatian antara lain menhindari membangun atau memperbaiki bangunan yang berada di dekat jaringan listrik.

Iklan Dalam Berita

“Jarak aman minimal tiga meter,” imbuh Remialis lagi.

Selain itu, masyarakat juga wajib menghindari masuk dalam gardu listrik atau tempat-tempat yang memasang tanda peringatan bahaya tegangan listrik.

Remialis menyebutkan juga agar masyarakat harus berhati-hati saat menggali tanah agar tidak mengenai kabel listrik yang berada di dalam tanah. Kemudian, bagi pengendara truk atau trailer, dilarang untuk parkir di area dekat jaringan listrik.

“Masyarakat juga harus memperhatikan instalasi listrik mereka setiap lima tahun sekali untuk memastikan instalasi listrik di rumah mereka aman. Jauhkan antena televisi atau parabola, atau juga papan reklame, dari jaringan listrik. Yang penting juga, hindari membakar sampah di bawah jaringan listrik,” tutur Remialis.

Hal-hal tersebut di atas, ditekankan, penting jadi perhatian bagi masyarakat, demi mewaspadai bahaya listrik yang bisa terjadi. (000)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




      listrikpln-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *