Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat melantik 30 orang pejabat eselon III dan eselon IV Kepala Sekolah SMAN/SMKN se-Sumbar, Selasa, (22/1/2019). (Foto: Wahyu)


Pendidikan

Gubernur Sumbar Siapkan Reward untuk Guru Mengabdi di Daerah Terpencil

PADANG (SumbarFokus)

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) akan memberi peluang bagi semua guru, terutama bagi kepala sekolah atau pejabat lainnya untuk mengabdi minimal dua tahun di daerah terpencil.

“Bagi kepala sekolah yang mau mengabdi di daerah pelosok akan diberikan reward,” kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno pada SumbarFokus baru-baru ini.

Ia mengatakan, pemberian reward ini dilakukan sebagai upaya pemerataan kualitas pendidikan serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di daerah-daerah terpencil.

Iklan Dalam Berita

Irwan menyebutkan, pada Selasa (22/1/2019) lalu ada pejabat eselon III dan IV ikut dilantik sebagai kepala cabang dinas yang baru, serta kepala SMA yang semuanya merupakan pilihan yang terbaik atau mempunyai kompetensi serta rekam jejak dalam berprestasi.

Dikatakannya, pelantikan kepala sekolah tersebut sudah memasuki tahap ke-4 kalinya, dengan harapan kepala sekolah yang dilantik harus mampu memimpin, agar di sekolah tercipta pendidikan yang berkualitas, bermutu, dan berprestasi untuk anak didik.

"Kepsek dituntut harus bekerja maksimal dan sepenuh hati, sekaligus bisa memiliki kemampuan teknis agar para guru dan tenaga kependidikan memiliki kedisiplinan yang tinggi,” ujar Irwan.

Pada pelantikan ini Irwan menekankan, apabila ada kepsek yang kinerja buruk yang menyalahi wewenang dan berkasus, apalagi korupsi, pihaknya akan langsung memberhentikan oknum kepala sekolah tersebut.

Ia juga menyampaikan kepada para pejabat dan kepala sekolah yang baru dilantik agar bekerja dengan penuh semangat, loyalitas dan dedikasi yang tinggi untuk memajukan pendidikan di sekolah masing-masing.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Burhasman Bur menyebutkan, pelantikan itu telah melalui proses yang sesuai dengan standar dan telah memenuhi syarat melalui ujian kompentensi yang ditetapkan.

Ia mengatakan, pihaknya telah menyampaikan ke BKD sebanyak 372 kepala SMAN/SMKN, tahap pertama dilantik 103 orang, tahap kedua sebanyak 156 orang, tahap ketiga sebanyak 86 orang dan untuk tahap keempat ini ada 13 orang. (005)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *