Kadispora Sumbar, Adib Fikri didampingi Presiden IMA Chapter Padang saat memaparkan pelaksanaan CFD Khatib Sulaiman di Padang, Kamis (17/1/2019). (Foto: Wahyu)


Olahraga

Car Free Day Khatib Sulaiman Padang Ditargetkan 70 Ribu Peserta

PADANG (SumbarFokus)

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) kembali menggalakkan program olahraga menuju Indonesia sehat bagi masyarakat setempat, salah satunya dengan mengadakan kegiatan Car Free Day (CFD) di sepanjang 2,6 kilmeter di jalan kawasan Khatib Sulaiman, Padang.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sumbar Adib Fikri di Padang, Kamis (17/1/2019) mengatakan, kegiatan yang dibuka pada 20 Januari 2019 mendatang ini ditargetkan hingga 70 ribu peserta.

"Saat ini sudah 40 ribu kupon yang tercetak untuk mendapatkan beragam hadiah, kabarnya akan ditambah 20 ribu lagi," kata dia.

Iklan Dalam Berita

Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan kupon CFD ini kata dia, bisa diambil di 13 titik yang telah disediakan oleh penitia, seperti di RS Hermina, RSU BCM, Astra Dhaihatsu, Hotel Grand Zuri, Dilo Telkom, Ayam Kinari, JSIK Kafe, Classy FM, Purwacaraka, Start Radio, Kryad Bumi Hotel, Donat Madu, dan Ino Sport.

Adib memaparkan, Jalan Khatib Sulaiman ini selain sebagai ikon CFD Sumbar sekaligus sebagai pilihan alternatif bagi masyarakat Padang untuk berolahraga setiap hari Minggu ke depannya. Sebab, di kawasan tapi lauik (Taplau) dan GOR H.Agus Salim tidak lagi memberikan kenyaman untuk berolahraga.

Namun ia menegaskan bahwa CFD yang sudah menjadi program Disporas Sumbar 2019 ini bukan sebagai tandingan kegiatan CFD di GOR H.Agus Salim atau Taplau. Hanya saja CFD di Khatib Sulaiman ini menawarkan konsep baru, yakni olahraga yang menyuguhkan hiburan, serta atraksi budaya.

"CFD saat ini sudah menjadi life style bagi masyarakat perkotaan, jadi CFD di Khatib Sulaiman ini murni olahraga. Tapi sekali lagi ini bukan tandingan kegiatan CFD yang sudah ada, tapi alternatif. Sebab di GOR H.Agus Salim sudah kurang nyaman, karena banyak yang jualan, dan di Taplau lebih menyuguhkan pariwisata," paparnya.

Sementara Ketua Pelaksana CFD, Jefri Kurniawan yang sekaligus Kepala Cabang Astra Dhaihatsu Padang menyebutkan, kegiatan ini untuk mengajak masyarakat Kota Padang berolahraga bersama, sekaligus untuk menyaksikan 13 cabang olahraga unggulan di Padang.

Selain itu kata dia, CFD ini nantinya untuk meningkatkan kecintaan masyarakat Kota Padang terhadap budaya. Pasalnya akan banyak komunitas budaya yang akan berpartisipasi, misalnya silat, talempong, randai, musik, dan bahkan kegiatan donor darah dan pemungutan sampah.

"Kegiatan ini sekaligus untuk mengenang perjuangan Khatib Sulaiman. Jadi nanti ada kegiatan sosial, seperti donor darah, dan memungut sampah yang bisa ditukarkan dengan minuman atau makanan ringan," katanya.

Ia juga mengatakan bahwa CFD ini akan bertabur hadiah, diundi dengan kupon yang telah dibagikan setiap minggunya. Selain itu, jika masyarakat ingin berbelanja juga terdapat berbagai UMKM yang akan ikut meramaikan acara di depan toko-toko yang ada di sepanjang jalan Khatib Sulaiman.

"Kita sangat optimis kegiatan CFD ini akan tumpah ruah sesuai target, sebab sudah sekitar 40 ribu kupon dicetak. Apalagi 170 perusahaan yang tergabung di Indonesia Marketer Asociation (IMA) Chapter Padang diwajibkan menghadirkan minimal 10 orang karyawannya," pungkas Jefri. (005)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *