BPBD Agam melakukan simulasi bencana kepada pelajar. (Foto: IST)


Bencana

BPBD Agam Targetkan 30 Ribu Warga Ikuti Simulasi Bencana

LUBUKBASUNG (SumbarFokus)

Untuk meminimalisir dampak bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, terus memberikan sosialisasi dan simulasi penanganan korban bencana alam. Ditargetkan 30.000 warga bisa mengikutinya.

"Sosialisasi ini akan terus kita gencarkan kepada semua lapisan masyarakat mulai dari pelajar, guru, karyawan perusahaan, aparatur sipil negara, komunitas dan masyarakat," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Agam, Yunaidi.

Yunaidi mengatakan sosialisasi dan simulasi ini telah diadakan di SDN 23 Parik Rantang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubukbasung dengan jumlah peserta 147 orang pada Rabu (30/1/2019) lalu.

Iklan Dalam Berita

Saat kegiatan itu, semua siswa dibekali tentang langkah yang dihadapi saat bencana gempa bumi melanda daerah itu dengan cara melindungi kepala mereka dengan tas, berlindung di bawah meja dan menyelamatkan diri ke daerah lebih aman.

"Dengan cara ini maka dapat mengurangi korban jiwa, karena mereka telah memahami langkah yang akan dihadapi," tegasnya.

Ia menambahkan, sosialisasi dan simulasi itu digelar untuk membekali masyarakat terhadap kesiapsiagaan diri saat bencana alam melanda daerah itu mengingat bahwa Agam merupakan daerah rawan bencana salam seperti longsor, gempa bumi, tsunami dan lainnya karena Agam memiliki laut, gunung merapi aktif dan dataran tinggi.

"Bencana itu berpotensi melanda Agam. Untuk itu kesiapsiagaan ini sangat perlu sekali, karna saat bencana kesiapsiagaan diri sendiri mencapai 34,9 persen, kesiapsiahaan keluarga 31,9 persen dan lainnya," katanya.(000)


#BPBD #Bencana #Agam

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




      agam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *