TNI dan POLRI diimbau senantiasa menjaga kerjasama yang baik dalam upaya menciptakan keamanan. Masyarakat juga diajak untuk mengapresiasi hal ini dan bersifat terbuka dengan aparat. (Foto: Hendiranto L Raja)


Lain-lain

Wujudkan Keamanan Bersama, Harmonisasi antara Masyarakat, TNI, dan POLRI Dibutuhkan

TUAPEIJAT (SumbarFokus)

Demi menciptakan rasa aman bagi seluruh masyarakat, kerjasama antara masyarakat itu sendiri dengan aparat TNI dan POLRI sangat dibutuhkan. Kerjasama yang baik antara masyarakat, TNI, dan POLRI terutamanya dibutuhkan di daerah-daerah yang punya titik rawan gangguan keamanan.

Hal tersebut disampaikan oleh Pasi Ops Kodim 0319/Mentawai Lettu Inf Efrizal, usai melaksanakan kegiatan patroli bersama Polres Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar), di wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai, baru-baru ini.

"Kerjasama TNI dengan POLRI harus di jaga dengan baik, dan perlu di tingkatkan lagi dalam menjaga keamanan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), " sebut dia.


Kerjasama antara TNI dan POLRI ini, kemudian diharapkan, bisa menjadi upaya merangkul masyarakat sehingga masyarakat mengapresiasi dan bersifat terbuka terhadap aparat, dan pada akhirnya mau bekerjasama dengan aparat untuk menciptakan suasana aman.

"Penting untuk membuat rasa aman dan nyaman di tengah masyarakat agar situasi kondusif selalu terjaga. Dalam hal ini, tak luput dibutuhkan peran seluruh lapisan masyarakat yang ada, khususnya masyarakat bumi sikerei,"  imbau Efrizal.

Efrizal juga menyinggung suasana usai Pemilu serentak yang beberapa waktu lalu tuntas dijalankan. Keberhasilan pelaksanaan Pemilu yang baik, disebutkan, patut disyukuri. Namun, saat ini, isu yang kemudian berkembang adalah mengenai hasil Pemilu yang segera diumumkan.

"Jelang diumumkan hasil Pemilu pada 22 mei 2019, pada khususnya masyarakat Mentawai, Kami mengajak agar Kita menjaga persatuan dan kesatuan. Jangan terprovokasi dengan isu yang tidak bertanggung jawab yang akan memecah belah kita," seru Efrizal.

Ditekankan, keamanan dan ketertiban perlu dijaga oleh semua pihak. Perselisihan terkait perbedaan pilihan, misalnya, perlu dihilangkan, demi terjaga rasa persatuan masyarakat Kabupaten Kepulauan Mentawai. (017)

 

 

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018