Beragam busana Minangkabau dengan desain unik tampil dalam pawai pembangunan dan pawai alegoris di Padang, Sumbar, Sabtu (18/8/2018). (Ist)



Warga Padang Inginkan Rute Pawai Lebih

PADANG (SumbarFokus)

Dalam rangka memeriahkan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) menggelar pawai pembangunan dan pawai alegoris di Kota Padang, Sabtu (18/8/2018).

Pawai ini dimulai jam 09.30 WIB dari GOR H. Agus Salim dengan rute melewati Jalan Rasuna Said, Sudirman depan kantor Gubernur, Bagindo Aziz Chan, Jalan M. Yamin dan finish di lapangan Imam Bonjol Padang.

Peserta parade terdiri dari perwakilan TNI AD, TNI AL, TNI AU, Patwal Polisi, perwakilan SKPD, Ormas, mahasiswa, Paskibraka, sanggar budaya dan pelajar Kota Padang.


Sebab rute yang dilalui terbilang pendek, pawai ini berakhir sekitar 11.30 WIB. Sehingga bagi masyarakat Kota Padang yang tidak sempat melihatnya, merasa sedikit kecewa.

Lucy Febriani (35) misalnya, padahal dia mengaku telah siap-siap membawa anaknya untuk menyaksikan pawai itu.

Namun kata warga Andalas, Kelurahan Andalas, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang ini, begitu ia bersama anak dan suaminya menuju kawasan Jalan Jenderal Sudirman, pawai telah usai.

“Saya berharap durasi pawai pembangunan dan alegoris untuk tahun-tahun mendatang bisa diperpanjang dengan cara menambah rute pawai,” katanya, Minggu (19/8/2018).

Harapan yang sama juga dilontarkan Fasli Ismail (51), warga Dalam Gadung Linggarjati, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang.

“Hari Sabtu siang itu saya sengaja membawa cucu untuk melihat pawai. Tapi sayang, paai itu telah usai,” katanya, Minggu.

Ia juga berharap agar pemerintah memperpanjang rute pawai itu. Kapan perlu, kata dia, adakan selama tiga hari, dengan tema yang berbeda-beda.

Sebelumnya Asisten III Bidang Administrasi Sekretariat Provinsi Sumbar, Nasir Ahmad mengatakan, pawai ini dilaksanakan dalam rangka memeriahkan perayaan HUT ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Kegiatan ini kata dia, telah rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Menurutnya, sebenarnya kegiatan ini sudah dimulai sejak tanggal 13 Agustus 2018, dengan beragam lomba dan diakhiri dengan pawai.

“Sebenarnya tujuan dilaksanakan pawai ini adalah sebagai wujud dari rasa kepedulian serta bentuk kinerja pemerintah daerah untuk melayani masyarakat. Karena semua SKPD di Sumbar, jajaran dari TNI/Polri, serta BUMN dan BUMD ikut serta dalam pawai ini,” tambahnya.

Sementara, Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar, Gamala Ranti mengatakan, sebenarnya tujuan pawai pembangunan dan pawai alegoris ini adalah untuk mengenalkan beragam jenis kebudayaan, hasil sumber daya alam, produk olahan tangan, dan beragam satuan kerja di Sumbar.

“Kita memperkenalkan semua warisan budaya Sumbar. Pawai ini diikuti oleh lebih 60 SKPD, serta dimeriahkan juga oleh TNI, Polri, dan beragam perusahaan BUMN dan swasta untuk ditemapilkan ke khayalak. Kami berharap masyarakat puas, alaupun dilaksanakan satu hari,” kata Gemala. (005)

 

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018