Gubernur Sumbar Mahyeldi memberikan bantuan produk hortikultura kepada masyarakat terdampak COVID-19 di Jorong Anau Kadok Nagari Talang. (Foto: ELISE)


Lain-lain

Warga Jorong Anau Kadok Nagari Talang Diberi Bantuan Produk Hortikultura oleh Mahyeldi

TALANG (SumbarFokus)

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi memberikan bantuan produk hortikultura kepada masyarakat terdampak COVID-19 di Jorong Anau Kadok Nagari Talang, bertempat di Jorong Anau Kadok Nagari Talang Kabupaten Solok Sumatra Barat, Sabtu (25/9/2021). Dalam kesempatan itu, ikut hadir Bupati Solok yang diwakili Asisten Koordinator Bidang Eksbangkesra Medison, Kadis Pertanian Sumbar Syafrizal, Kadis DPRKPP Kabupaten Solok Evia Vivi Fortuna, Sekretaris Dinas Pertanian Kab Solok Miharta Maria, Plt Camat Gunung Talang Donly Wance Lubis, Wali Nagari Talang Zulpadri, warga, dan Kelompok Tani (keltan) Nagari Talang dan Sungai Janiah

Gubernur Mahyeldi menyampaika, terkait pandemi COVID-19, Pemprov Sumbar memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak berupa bantuan produk hortikultura seperti kantang, cabe, bawang, dan jeruk yang merupakan hasil pertanian masyrakat.

"Kebetulan barangnya dibeli dari masyarakat dan kemudian dibagikan lagi kepada masyarakat di daerah ini, sehingga banyak yang mendapatkan manfaatnya." sebut Gubernur.


Disebutkan, Kabupaten Solok saat ini memiliki sekitar 2000 hektar lahan pertanian.

"Insyallah Pemprov akan membantu pengelolaan lahan tersebut. Pemprov Sumbar merasa senang bekerjasama dengan Pemkab Solok karena memiliki kesamaaan visi misi memajukan sektor pertanian Kabupaten Solok dan Sumatera Barat. Pemprov dan Pemkab akan bertekad memajukan pertanian, meningktakan pendapatan petani, meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Sumbar dan Kabupaten Solok," tutur Bupati. 

Sementara, Bupati Solok diwakili Asisten II Medison menyampaikan selamat datang atas kehadiran Gubernur Sumbar  ke Jorong Anau Kadok, Nagari Talang, yang juga merupakan sentra pertanian di Kabupaten Solok.

“Kami mendukung program dari pemkab dan pemprov karena visi misi bupati dan gubernur juga memiliki kesamaan yaitu salah satunya ingin memajukan sektor pertanian," sebutnya.

Menurut Medison, sebagian besar lahan sudah dikelola yang diisi dengan tananam seperti pepaya dan pokat. Namun pihkanya berharap, Gubernur bisa memberikan bantuan bibit jagung karena lahan di daerah tersebut juga sangat cocok untuk jagung.

"Program prioritas pemda ialah membeli eskavator, ini dapat digunakan utk memperlebar jalan khususnya jalan menuju lahan pertanian,” kata Medison.

Kita Peduli!

Dalam kesempatan yang sama, Wali Nagari Talang Zulpadri juga mengucapkan terima kasih. 

“Terima kasih atas bantuan produk holtikultura dalam menanggulangi COVID-19, dengan berapa hasil dari bumi kita. Nagari Talang memiliki lahan tidur sekitar 2000 hektare, dan masyarakat sudah musyawarah, ingin menggarap lahan tersebut untuk itu kami mohon bantuan bibit dari pemerintah baik dari Provinsi maupun Kabupaten Solok. Selain itu juga berharap bantuan  pelebaran jalan sehingga masyarakat dapat membawa hasil tani nya dengan kendaraan serta bantuan alat-alat pertanian untuk nagari kami khususnya di jorong Anau Kadok,” tutur Zulpadri. (012)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2021