Petugas melakukan pemasangan masker pada pengunjung pasar. (Foto: Ist.)


Hukum

Warga Agam Diedukasi Langsung oleh TNI-Polri untuk Disiplin dengan Penerapan Protokol Kesehatan

LUBUK BASUNG (SumbarFokus)

Dalam rangka persiapan menuju penerapan kenormalan baru, petugas gabungan dari TNI-Polri di Agam, Sumatera Barat (Sumbar), sosialisasikan kedisiplinan pelaksanaan protokol kesehatan COVID-19 di dua pasar di Wilayah Hukum Polres Agam, Rabu (3/6/2020), mulai pukul 09.00 WIB s/d pukul 10.30 WIB.

Kapolres Agam AKBP Dwi Nur Setiawan, didampingi Kasubag Humas Polres Agam AKP Nurdin Dt. Sati, di Lubuk Basung, menyebutkan bahwa aparat TNI dan Polri akan bekerja sama dengan berbagai pihak terkait untuk mengedukasi masyarakat agar disiplin mematuhi protokol kesehatan demi mencegah penularan COVID-19.

"Operasi ini sesuai dengan perintah Presiden kepada Kapolri dan Panglima TNI dalam rangka menuju normal baru. Untuk pendisiplinan masyarakat guna mematuhi protokol kesehatan ini, sudah Kita laksanakan sejak terbentuknya Gugus Tugas COVID-19," kata Kapolres.


Dalam kegiatan itu, pada Pasar Lama Lubuk Basung Kecamatan Lubuk Basung dan Pasar Tiku Kecamatan Tanjung Mutiara, petugas mendapati sejumlah pengunjung pasar masih ada yang tidak memakai masker serta tidak mentaati social distancing.

"Memakai pengeras suara, petugas kita memberikan peringatan dan imbauan kepada  pengunjung pasar agar mematuhi protokol kesehatan, antara lain agar tetap menggunakan masker saat keluar dari rumah, sering mencuci tangan menggunakan sabun setelah kembali dari pasar atau diluar rumah, tetap menjaga jarak," sebut Kapolres.

Tak hanya itu masyarakat dilarang berkerumun atau kumpul-kumpul serta wajib dan tetap mematuhi protokol kesehatan setiap melakukan kegiatan di luar rumah. 

"Jika kita ingin ekonomi tetap berputar dan COVID-19 terkendali, kuncinya kedisiplinan, maka itu kita harus disiplin terhadap protokol kesehatan" tegas Kapolres.

Dikatakan lagi, di Pasar Lama Lubuk Basung petugas melakukan pemasangan masker bagi masyarakat pengunjung pasar yang tidak memakai masker.

Di Pasar Tiku Kecamatan Tanjung Mutiara, personel dibagi di dua titik yaitu pintu masuk dan keluar. Petugas melakukan penyetopan dan peneguran untuk menggunakan masker bagi masyarakat dan pengendara motor pada pintu masuk dan keluar yang tidak memakai masker.

Kita Peduli!

Sebelum kegiatan tersebut, dilaksanakan apel personel di depan musala Polres Agam dan Apel gabungan TNI-POLRI di pintu keluar Pasar Lama Kecamatan Lubuk Basung. 

"Sudah menjadi ketentuan, sebelum pelaksanaan tugas, personel Kita berikan arahan terkait apa saja yang dilaksanakan serta pembagian tugas," kata Kapolres.

Personel diberikanArahan Pimpinan Personil (APP) dan arahan cara bertindak di lapangan dengan tujuan pendisiplinan masyarakat menuju kenormalan baru secara humanis.

Kegiatan tersebut melibatkan 24 personel antara lain personel Polres Agam sebanyak 18 personel, Polsek Lubuk Basung 5 personel, dan TNI Koramil 03/Lubuk Basung 1 personel. (007)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2020




      agam