Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah mengingatkan agar tidak meminta dan memberikan sedekah di jalan raya, Jumat (10/5/2019). (Foto: Wahyu)


Lain-lain

Wali Kota Padang Ingatkan Masyarakat Tak Memberi Sedekah di Jalan Raya

PADANG (SumbarFokus)

Wali Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah mengingatkan agar masyarakat setempat tidak meminta atau memberikan sedekah di jalan raya, terutama di perempatan lampu merah. 

"Risikonya membahayakan, sebab mobilitas kendaraan sangat tinggi. Jika ada yang meminta di jalan raya, jangan diberi," pesan Mahyeldi, Jumat (10/5/2019) di Padang.

Pernyataan itu dikatakan Mahyeldi terkait tingginya animo masyarakat Kota Padang untuk bersedekah di bulan Ramadan. Apalagi, jumlah peminta-minta di bulan Ramadan ini cenderung menjamur, termasuk di jalan raya.


Jika ada yang meminta atau memberikan di jalan raya, seperti lampu merah, harus diamankan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) setempat. "Namun terkait peminta sedekah di rumah, baginya tidak bermasalah," sebutnya.

Sebelumnya, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Padang mengingatkan agar masyarakat lebih selektif dalam memberikan sedekah kepada pengemis. Apalagi selama Ramadan, marak fenomena peminta-minta musiman.

"Memberi sedekah itu baik, tapi pastikan diberi kepada orang yang tepat, yakni mereka yang miskin dan memang layak dibantu," kata Ketua MUI Padang Duski Samad kepada awak media.

Menurutnya, pengemis yang layak diberikan sedekah ialah orang yang meminta dengan alasan benar-benar dinilai tidak mampu berusaha, sulit ekonomi, dhuafa, atau anak yatim dan piatu.

"Dalam kategori ini, misalnya, seseorang yang memiliki keterbatasan fisik atau uzur, dan tidak sanggup lagi berusaha," jelasnya.

Menurutnya, jika bagi orang yang dinilai masih kuat dan mampu untuk berusaha, dan pemberi sedekah memang tetap ingin membantu, bisa dilakukan dengan memberi sesuatu yang sifatnya produktif seperti modal usaha. (005)

Kita Peduli!

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2020