Walikota Mahyeldi mengimbau warga Padang agar tidak takut untuk divaksin COVID-19. (Foto: Ist.)


Lain-lain

Wako Padang Mahyeldi Imbau Warga Tak Takut Divaksin

PADANG (SumbarFokus)

Warga Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), diimbau agar tidak ragu untuk divaksin COVID-19. Ini disampaikan oleh Walikota Padang Mahyeldi, baru-baru ini.

“Warga tak perlu ragu, karena Majelis Ulama Indonesia (MUI) sudah mengeluarkan fatwa halal terhadap vaksin tersebut. Termasuk izin edar dari BPPOM. Jadi semua sudah melalui pemeriksaan lembaga yang ada,” ujar dia.

Mahyeldi juga memberi penjelasan terkait polemik soal kehalalan dan keamanan vaksin mesti disikapi dengan pikiran jernih. Disebutkan, berdasarkan hasil uji klinis vaksin Sinovac minim efek samping dan memiliki nilai efikasi hingga 65,3 persen dan sudah melalui pemeriksaan BPPOM dan MUI.


“Mari kita sikapi dengan pikiran jernih dan semangat untuk yang terbaik bagi rakyat dan bangsa,” ajaknya.

Sebanyak 18.400 dosis vaksin sinovac sudah tiba di Padang pada tahap pertama vaksin diberikan kepada 9.128 tenaga kesehatan di Kota Padang. Setelah itu, vaksin diberikan kepada masyarakat Kota Padang.

Ia berharap ketika tiba giliran masyarakat untuk divaksinasi, bisa hadir di puskesmas atau rumah sakit yang ditunjuk.

"Vaksin untuk masyarakat diberikan secara gratis," kata dia.

Menurutnya masyarakat yang telah divaksin selain telah terbentuk antibodi untuk melawan virus corona, juga tidak perlu lagi melakukan tes swab maupun rapid antigen.

“Setelah divaksin akan mendapat sertifikat, ketika akan melakukan perjalanan keluar daerah, tidak perlu lagi melakukan tes swab maupun rapid tes,” jelas Walikota.

Kita Peduli!

Mahyeldi sendiri, saat peluncuran vaksinasi tingkat Kota Padang, Jumat (15/1/2021), batal dilakukan vaksin karena berdasarkan hasil pemeriksaan tekanan darah cukup tinggi. Turut divaksin pada kesempatan itu Danlanud Padang Kolonel Pnb Fahlefie dan Dandim 0312/Padang Letkol Inf M Ghoffar serta tenaga kesehatan. (002)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2020