Peringatan Harkitnas di Kepulauan Mentawai, Senin (22/5/2019)


Pemerintahan

Wakil Bupati Kortanius Sabeleake Tekankan Bangun Mentawai dengan Mengisi Kemerdekaan

TUAPEIJAT (SumbarFokus)

Wakil Bupati Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar), Kortanius Sabeleake menyebutkan bahwa semangat juang mengisi kemerdekaan sangat penting berperan sebagai motivasi untuk membangun Mentawai terus lebih baik. Ini disampaikkannya saat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mentawai memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas), baru-baru ini.

Kortanius mengakui, bisa jadi masih ada masyarakat di Kepulauan Mentawai yang belum dilayani oleh pemerintah secara maksimal. Berdasarkan hal tersebut juga, Kortanius mengajak masyarakat untuk bisa bergotong-royong, bersatu menjadi masyarakat yang mandiri.

“Kalau sampai kita gagal membangunnya, dipastikan orang lain datang menjajah kembali, bahkan perlawanan akan dimulai dengan masuknya orang luar untuk berkuasa di negeri sendiri, karena kita tidak mampu mengelola daerah sendiri,” sebut Kortanius usai upacara peringatan Harkitnas di halaman kantor Bupati, Senin (20/5/2019).


Dalam kesempatan tersebut, Kortanius juga menyinggung soal pengentasan kemiskinan di Kepulauan Mentawai. Untuk itu, menurutnya, ada dua hal penting yang wajib dilakukan, yaitu pemerintah harus membangun pemahaman bahwa peningkatan sumber daya manusia dengan membuka peluang bagi generasi muda untuk bersekolah lebih tinggi lagi.

Berikutnya masyarakat harus sadar tidak membiasakan hidup mandiri, jangan ada lagi paradigma berpikir dengan adanya bantuan pemerintah sudah cukup sampai di situ saja. Ditegaskan, bantuan tidak menjamin mandiri apabila tidak dijadikan modal usaha untuk mengembangkan fasilitas yang diberikan pemerintah.

Sementara itu fasilitas saat ini seperti pembangunan infrastruktur jalan sudah bisa di manfaatkan, seharusnya masyarakat berpacu meningkatkan ekonomi yang lebih baik dengan fasilitas yang sudah disediakan.

"Tapi justru masyarakat berpacu menjual tanah kepada orang lain," ungkap Kortanius.

Pengertian seperti ini, ungkap Kortanius, tak lepas merupakan peran semua pihak terutama para tokoh agama untuk melakukan diskusi dalam memberikan pelayanan atau penyadaran terhadap masyarakat baik melalui kotbah yang baik, sehingga sosialisasi ataupun lainnya, sehingga masyarakat termotivasi untuk mengubah pradigma berpikir yang lebih baik ke  depannya. (000)

 

 

 

Video Terkait:


Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018