Wakil Bupati Agam Irwan Fikri mengikuti acara puncak Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) ke-25 tahun 2021 secara virtual. (Foto: Ist.)


Pemerintahan

Wakil Bupati Agam Ikuti Peringatin Hari Otda ke-25 secara Virtual

LUBUK BASUNG (SumbarFokus)

Wakil Bupati Agam Irwan Fikri mengikuti acara puncak Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) ke-25 tahun 2021 secara virtual, didampingi unsur Forkopimda Asisten Hukum dan Pemerintahan Setda Agam Rahman, dan Kepala Bagian Pemerintahan dan Otonomi Daerah Helton, di ruang rapat bupati, Senin (26/4/2021).

Acara puncak peringatan Otda tahun ini digelar secara virtual dibuka Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin diikuti Gubernur, Bupati, dan Walikota se-Indonesia.

Dalam laporannya, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyampaikan sedianya Hari Otonomi Daerah diperingati setiap tanggal 25 April. Tetapi karena jatuh pada hari libur sehingga dilaksanakan pada hari ini.


“Kami laporkan kepada Bapak Wakil Presiden bahwa peringatan Hari Otonomi Daerah jatuh setiap 25 April karena hari libur sehingga baru terselenggara hari ini,” kata Tito.

Sementara, Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin menyampaikan apresiasi kepada jajaran Kemendagri dan kepala daerah serta warga Indonesia atas keberhasilan pelaksanaan Pilkada 9 Desember 2020 dengan tingkat partisipasi yang tinggi dan berjalan lancar.

Alhamdulillah, melalui kepatuhan protokol kesehatan yang ketat pilkada tetap dilaksanakan sesuai rencana dan tidak berpotensi menimbulkan konflik,” ujar Wapres.

Lebih lanjut Wapres menyampaikan dalam kebijakan otonomi daerah, daerah diberi kewenangan khusus untuk mengatur peraturan tertentu. Melalui kebijakan otonomi daerah tersebut, lanjutnya, pemerintah daerah mempunyai kebijakan sendiri dalam memajukan daerahnya. Sehingga, perjalanan otonomi daerah selama 25 tahun ini berjalan dengan baik.

“Saya berharap pemerintah daerah untuk selalu berinovasi meningkatkan pelayanan publik dan penegakan prokes serta mensukseskan vaksinasi COVID-19,” pinta Ma’aruf Amin. (000)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2021




      agam