Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit. (Foto: Ist.)


Pariwara Pemprov Sumbar

Wagub Tekankan Peserta Didik SMK Harus Dimatangkan dengan Praktik

Wagub Tekankan Peserta Didik SMK Harus Dimatangkan dengan Praktik

PADANG (SumbarFokus)

Memasuki revolusi industri 4.0, disadari oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) perlu untuk mengalami percepatan peningkatan kualitas yang terus-menerus. Untuk itu, para murid SMK perlu terus dibina, dilatih, dan dibimbing untuk menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni di bidangnya.

Berdasarkan hal ini, Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit memberi penekanan agar para pelajar SMK betul-betul matang di urusan praktik, jangan hanya banyak makan teori.


“SMK itu dibangun dan disiapkan untuk siap pakai, untuk mencari pasar kerja, jadi jangan selalu disiapkan teorinya, beda dengan SMA yang dipersiapkan memang untuk perguruan tinggi,” ujar Wagub, baru-baru ini.

Hal ini juga ditekankan pada Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, baru-baru ini oleh Wagub. Wagub menegaskan agar peserta didik terus didorong dan dimotivasi untuk meraih prestasi setinggi-tingginya sehingga mereka siap kerja baik di dalam maupun di luar negeri.

“Nantinya Kita akan mengadakan pertemuan dengan para kepala sekolah SMK, nantinya kita akan mendata kebutuhan sekolah, agar seirama dan sejalan,” imbuh Nasrul Abit.

Salah satu wadah untuk mendorong dan memotivasi peserta didik SMK tersebut adalah melalui ajang kompetisi, seperti Lomba Kompetensi Siswa (LKS) yang sudah menjadi agenda rutin Kementrian Pendidikan, dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat Kabupaten/kota, Provinsi sampai ke tingkat Nasional, baru-baru ini.

 

Kita Peduli!

 

Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Adib Alfikri menyampaikan bahwa ajang ini adalah upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan, untuk menyonsong industri 4.0 kita harus persiapkan anak didik kita, dan juga ini menjadi ajang promosi kepada pihak User atau pelaku usaha yang siap memakai lulusan SMK.

“Dan tidak lupa kami ucapkan terimakasi kepada UNP yang telah banyak membantu, dan semua pihak yang membantu agar kemeriahan acara kita bersama ini.

Kota Payakumbuh menjadi Juara Umum pada perlombaan ini. Disebutkan, nantinya para juara dikirim ke tingkat nasional di bulan Juni. Adapun bidang lomba yang pertandingkan pada LKS SMK Tingkat Provinsi Sumatera Barat XXVII tahun 2019 sebanyak 25 bidang lomba, diselenggarakan di empatlokasi yaitu Fakultas Teknik UNP sebanyak 18 bidang lomba, di SMK Negeri 1 Padang sebanyak dua bidang, di SMKN 6 Padang sebanyak tiga bidang lomba dan di SMKN 9 Padang sebanyak dua bidang lomba. Peserta lomba akan dinilai oleh Juri-Juri yang kompeten yang berasal dari Akademisi dan Dunia Usaha/Dunia Industri. Pemenang LKS Tingkat Provinsi akan diberikan perhargaan berupa Tropi dan Tabanas, dan Peserta yang menjadi Juara I untuk setiap bidang lomba akan mewakili Provinsi Sumatera Barat di ajang LKS SMK Tingkat Nasional XXVII tahun 2019 pada tanggal 7 s.d 13 Juli 2019 di Yogyakarta. (*)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2020




      sumbar