Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit saat membuka Orientasi atau pembekalan Tugas Anggota DPRD Kabupaten Limapuluh Kota periode 2019-2024 di Padang, Senin (9/9/2019). (Foto: Wahyu)


Pemerintahan

Wagub Sumbar Minta DPRD Limapuluh Kota Bangun Sinergisitas

PADANG (SumbarFokus)

Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit menyatakan harapan agar anggota DPRD Kabupaten Limapuluh Kota dengan kepala daerah dan jajarannya menjadi mitra dalam pembangunan di daerah yang harus selalu bersinergi.

Demikian disampaikannya saat membuka sekaligus memberikan paparan pada kegiatan Orientasi atau pembekalan Tugas Anggota DPRD Kabupaten Limapuluh Kota periode 2019-2024 di Padang, Senin (9/9/2019).

Kegiatan orientasi yang diikuti 35 Anggota Dewan Limapuluh Kota tersebut, bertujuan untuk dapat memahami tugas dan tanggung jawab sebagai dewan yang terhormat. Kemudian juga untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan, keterampilan, sikap, dan semangat pengabdian pada kerangka NKRI.


“Kegiatan ini merupakan proses pengenalan tugas-tugas dan kewenangan anggota DPRD, sebagai penyelenggara pemerintah daerah,” kata Wagub Sumbar itu.

Menurutnya, orientasi ini untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat. Tentu hal ini peningkatan pelayanan pemberdayaan, peran serta masyarakat dengan memperhatikan prinsip demokrasi, pemerataan keadilan dan kekhasan suatu daerah dalam NKRI.

"Tentunya hubungan komunikasi yang baik harus terjalin satu sama lainnya,kita harus mencapai tujuan tersebut bersama-sama sebagai wujud nyata mencapai tujuan nasional," ungkapnya

Selanjutnya Nasrul mengucapkan selamat menjalankan orientasi, semoga munculnya pemahaman dan pemikiran yang jernih dan cerdas. Sehingga nantinya bertindak positif dalam rangka turut serta memajukan pembangunan daerah dan meningkatkan perekonomian rakyat.

Orientasi yang di fasilitasi oleh OPD Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sumbar tersebut, berlangsung selama lima hari yakni, dari tanggal 8 sampai dengan 12 September 2019 nanti.

Kepala Kepala BPSDM Sumbar Jefrinal Arifin dalam laporannya, 35 anggota DPRD dibekali dengan materi tentang empat pilar kebangsaan dan wawasan kebangsaan, pembangunan daerah serta teknis pengelolaan keuangan daerah. Selain itu pula akan diberi materi mengenai hubungan kerja antara eksekutif dan legislatif juga sistem pemerintahan di NKRI.

Menurutnya, jika belum menjalankan orientasi oleh DPRD, bagaimana menjalankan tugas yang sifatnya strategis. Sebab, anggota DPRD memiliki berbagai latar belakang dan disiplin ilmu yang berbeda, makanya perlu dilaksanakan orientasi ini.

"Tentu ini jelas sangat penting untuk dilaksanakan, karena hak dan kewajiban anggota dewan dapat dipenuhi setelah penuh menjalani masa orientasi," ucap Jefrinal. (005)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *