Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat peresmian PPK-BLUD di Padang, Rabu (26/6/2019). (Foto: Wahyu)


Nasional

UPTD Laboratorium Kesehatan Sumbar Disebut Gubernur Berdayasaing

PADANG (SumbarFokus)

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno menyebutkan, UPTD Laboratorium Kesehatan memilik peluang untuk berdaya saing sesuai kebutuhan pasar. Asalkan mampu memberikan pelayanan dengan kualitas yang baik kepada masyarakat.

"Jadi laboratorium kesehatan ini perlu memiliki akses yang kuat, lokasi yang mudah dijangkau, peralatan yang mutakhir, agar bisa bersaing dengan laboratorium swasta,” ujar Irwan usai peresmian Pola Pengelolaan Keuangan Badan Pelayanan Umum Daerah (PPK-BLUD) di Padang, Rabu (26/6/2019).

Irwan mengingatkan, kebijakan pemerintah mengenai BLU/BLUD bagi rumah sakit pemerintah, dalam hal ini UPTD Laboratorium Kesehatan merupakan tonggak baru sebagai pendapatan daerah. Bahkan termasuk sisi pengelolaan keuangan ke arah yang lebih baik, yang mendorong peningkatan PAD Sumbar.


“Pengelolaan keuangan yang baik yakni mampu menghasilkan ide, kreatif dan inovasi dalam mendorong peningkatan PAD Sumbar, berdasarkan transparansi, akuntabilitas dan bisa diaudit,” jelasnya.

Menurutnya, dengan diterapkannya PPK-BLUD ini akan memberikan pengelolaan keuangan yang lebih fleksibel. Salah satunya berupa keleluasaan untuk menerapkan praktik-praktik yang sehat untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Kita sangat berharap terus bisa menciptakan inovasi yang baik dalam pelayanan publik, sehingga masyarakat lebih dimudahkan dalam berbagai urusan,” tutur Irwan.

Kepala Dinas Kesehatan Merry Yuliesday menyebutkan, saat ini memang peralatan laboratorium belum lengkap. Namun pihaknya akan melengkapi dengan mengajukan anggaran, salah satu bentuk pelayanan kesehatan yang lebih baik.

“Saat ini UPTD Laboratorium Kesehatan Sumbar sebagai pelayanan pemeriksaan laboratorium telah memenuhi standar ISO/IEC 17025:2017 sebagai penguji,” tutur Merry.

Turut hadir dalam peresmian PPK-BLUD tersebut Kabid Perbendaharaan Bakeuda, Sumbar Refdiamond, Kepala BPKP Perwakilan Sumbar, Direktur Bank Nagari dan para direktur rumah sakit pemerintah dan swasta se-Sumbar. (005)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018