Universitas Negeri Padang (UNP).


Pendidikan

UNP Tengah Menuju Global University

PADANG (SumbarFokus)

Usaha Universitas Negeri Padang (UNP) menuju perguruan tinggi yang bertaraf internasional, sudah dirancang, dirintis, dan dirancang sejak lama secara partisipatif dan kemprehensif. Upaya ini sebagai bentuk kesadaran UNP tentang pentingnya mutu dan profesionalisme pendidikan di perguruan tinggi.

“Akreditasi “A” dari BAN-PT sudah UNP capai sejak akhir tahun 2016 yang lalu. Kini UNP tengah menuju global university,” kata Rektor UNP, Prof.Ganefri,Ph.D., saat memberikan sambutan dihadapan 3.103 wisudawan periode ke-122 di Auditorium UNP, Sabtu (15/9/2018).

Dikatakannya, upaya UNP menuju global university sudah dilaksanakan secara serius, matang, serta sudah didukung oleh segenap sumbaer daya manusia (SDM), dengan memperhitungkan tantangan dan peluang ke depannya.


“Secara holistik, program menuju universitas bertaraf internasional harus dipandang sebagai bagian strategi nasional untuk mampu bersaing secara global,” sebutnya.

Kesiapan UNP menjadi global university ini selaras dengan Rencana dan Sasaran Strategis Kemenristekdikti 2015-2019. Katanya, ada tiga Renstra tersebut, yakni meningkatkan kemampuan IPTEK dan inovasi, meningkatkan relevansi, kualitas, dan kuantitas pendidikan tinggi, serta terlaksananya reformasi birokrasi.

“Tahun 2018 ini mampu meraih rangking ke-26 dari 4.000 lebih peruguruan tinggi di Indonesia, padahal tahun 2017 UNP masih rangking 67. Perkembangan UNP saat ini sangat siginifikan,” pungkasnya bangga.

Sementara Rektor Universitas Indonesia (UI), Prof.Dr. Muhammad Anis,MMet, yang hadir saat itu menyampaikan wisuda bukan sekedar momentum meluluskan atau melepaskan mahasiswa ke dunia praktis yang sangat kompetitif.

Wisuda baginya ialah momentum untuk merenungkan kembali peran perguruan tinggi dalam strategi pengembangan sumber daya manusia (SDM). Terutama di era disrupsi inovasi yang ditandai dengan perubahan bisnis di segala aspek kehidupan saat ini.

“Maraknya perkembangan teknologi akan mendistrupsi berbagai akivitas manusia, terumata bidang ilmu pengetahuan, teknologi serta pendidikan tinggi. Perguruan tinggi harus siap menghadapi revolusi ini secara tepat,” kata Rektor UI ini.

Kita Peduli!

Ia mengatakan, di era revolusi industri 4.0 ini ada lima elemen penting yang harus dilaksanakan oleh perguruan tinggi. Pertama persiapan sistem pembelajaran yang lebih inovatif di perguruan tinggi. Kedua, pengembangan cyber university atau sistem perkuliahan e-learning. Ketiga persiapan SDM khususnya dosen dan peneliti yang responsif, adaptif dan handal.

“Keempat pengembangan dan peningkatan kualitas dan kuantitas riset. Kelima, memperkuat sistem informasi untuk meningkatkan produktivitas industri. Semua ini untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan berdaya saing bangsa,” sambungnya. (005)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2020