Tim M Docs Technik UNP usai berhasil meraih dua gelar juara pada KMHE 2018 di Padang, Sabtu malam (1/12/2018). (Foto: Wahyu)


Pendidikan

UNP Sabet Dua Gelar, ITS Juara Umum KMHE 2018

PADANG (SumbarFokus)

Tim mobil hemat energi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menyapu bersih kemenangan di Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2018 yang berlangsung di Universitas Negeri Padang (UNP) sejak 28 November hingga 1 De­sem­ber 2018.

KMHE ajang berskala nasional yang diselenggarakan oleh Kemenristekdikti ini adalah untuk memperlombakan inovasi mobil hemat energi buatan mahasiswa seluruh Indonesia. Dalam ajang bergengsi ini Tim ITS berhasil memborong empat gelar juara dari keempat kelas yang diperlombakan.

Adapun tim yang menang itu adalah Tim Sapuangin pada kelas gasoline dan Tim Nogogeni pada kelas ethanol. Kemudian, juara ketiga juga berhasil diraih oleh Tim Nogogeni pada kelas listrik dan Tim Antasena pada kelas diesel.


“Empat mobil dari tiga tim mobil ITS yang diberangkatkan masing-masing berhasil menorehkan gelar juara. Dua gelar juara pertama berhasil direbut oleh dua tim ITS,” kata Pembimbing tim ITS Dr Ir Atok Setiawan MengSc di Padang, pada SumbarFokus.

Sementara Tim UNP Sumatera Barat selaku tuan rumah, yakni M Docs Technik berhasil meraih dua gelar di ajang KMHE 2018 yang dihelat di kampus setempat.

Kedua gelar yang diraih tersebut yakni sebagai pendatang baru terbaik dan juara dua mobil hemat energi dengan konsep prototype yang bermesin diesel.

“Sangat bangga rasanya dengan pencapaian in,i karena melebihi target yang kami canangkan, “ kata Ketua tim Docs Technik UNP Ifaria­nanda di Padang, usai menerima hadiah.

Sementara Rektor UNP Prof Ganefri juga mengaku sangat bangga dengan pen­capaian mahasiswanya ter­sebut. Ia menyebutkan, siapa saja yang memiliki keinginan kuat dan kerja sama bisa menciptakan sebuah inovasi baru.

“Kami belum pernah me­ngikuti kegiatan ini sebe­lum­nya, tapi kami terus memo­tivasi mahasiswa untuk mem­berikan yang terbaik. Mereka mengerjakan ini setiap hari bahkan sampai tidur di kam­pus, dengan bukti UNP juga bisa,” sebut Ganefri.

Kita Peduli!

Selaku tuan rumah pi­hak­­nya berupaya mem­berikan pelayanan terbaik kepada seluruh peserta. Dengan harapan pelak­sanaan ke­giatan ini dapat menjadi ajang berbagi ilmu bagi mahasiswa dan men­dorong kampus lain untuk dapat terlibat dalam men­ciptakan inovasi.

“Inovasi baru tentunya sangat dibutuhkan terutama alat transportasi yang hemat energi. Maka dengan ke­giatan ini kami mendorong generasi muda terlibat untuk menemukan sumber energi baru yang bisa diman­faatkan secara luas se­kaligus sebagai daya saing bangsa,” pa­parnya.  (005)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2021