Wakil Rektor II UNP Syahril bersama perguruan tinggi lainnya, saat menerima langsung anugerah PTN-BLU dari Kemenristekdikti pada Selasa (23/4/2019) di Jakarta. (Foto: Ist.)


Pendidikan

UNP Raih Penghargaan Terbaik I PTN-BLU dari Kemenristekdikti

PADANG (SumbarFokus)

Civitas akademika Universitas Negeri Padang (UNP), berhasil meraih Terbaik I Anugerah Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (PTN BLU) dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) RI.

Keberhasilan ini terkait pelaporan pelaksanaan program, kegiatan, dan anggaran (PKA) sepanjang tahun 2018. Hal ini disampaikan Rektor UNP Ganefri, saat memberi keterangan kepada SumbarFokus, Jumat (26/4/2019) di Padang.

Ia mengatakan, anugerah ini diberikan Kemenritekdikti dalam acara Penyampaian Hasil Pemantauan, Evaluasi, dan Rapor Kinerja Unit Kerja Kemenristekdikti Triwulan I Tahun 2019, pada Selasa (23/4/2019) yang digelar Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti di Auditorium Lantai 2 Gedung D, Jakarta Selatan.


Dalam anugerah tersebut, selain UNP, juga diraih oleh Universitas Negeri Semarang sebagai peringkat II, dan Universitas Negeri Yogyakarta sebagai peringkat III, sebagai apresiasi dari Kemenristekdikti kepada PTN BLU selama ini.

“Terima kasih kepada semua jajaran civitas akademika UNP yang telah bekerja keras, dan intensitasnya membuat laporan kepada Kemenristekdikti selama ini,” ungkap Ganefri.

Dengan diraihnya Terbaik I ini, hendaknya bisa memicu civitas akademika selingkungan UNP, terutama tenaga pendidik UNP untuk melakukan yang terbaik ke depannya. Apalagi, tahun 2016 UNP rangking 88, dan saat ini mampu duduk di rangking 26 dari 4.400 PTN/PTS di Indonesia.

Bahkan, selain telah terakreditasi A, tahun 2019 ini UNP juga berhasil mendapat dana Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM), dengan nilai tertinggi dari Kemenristekdikti dari 12 PTN BLU yang ada.

"Asal akreditasi kelas internasional sudah terakreditasi di AUN-QA, nanti UNP bisa selevel dengan UI, UGM, ITB dan UNAIR," sebut Ganefri.

Selain fokus dalam mencapai berbagai indikator kinerja, dalam rencana aksi sasaran strategis, pihaknya memiliki perhatian tinggi terhadap peningkatan jumlah mahasiswa wirausaha. Salah satunya, membuat Program Mahasiswa Wirausaha UNP 2019 yang lebih akomodatif.

Kita Peduli!

"Saya tak ingin Unit Pelaksana Teknis Pengembangan Karir dan Kewiraushaan berjalan apa adanya, mesti ada terobosan," tambah mantan Kepala Koordinator Kopertis Wilayah X itu.

Sebelumnya, pada acara angerah tersebut dihadiri langsung Menteri Ristekdikti, dan pimpinan PTN Berbadan Hukum (BH), PTN BLU dan Satker, serta 14 Koordinator Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL Dikti). (005)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2020