Rektor UNP Ganefri usai memantau pelaksanaan UTBK yang didampingi Kepala SMAN 3 Padang Abinul Hakim, Sabtu (13/4/2019) di Padang. (Foto: Wahyu)


Pendidikan

UNP Pastikan Tanpa Joki, Sebanyak 30.733 Calon Mahasiswa Ikuti UTBK

PADANG (SumbarFokus)

Sebanyak 30.733 calon mahasiswa mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di bawah koordinator Universitas Negeri Padang (UNP), yang bekerjasama dengan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

UTBK ini dijamin tanpa joki, pasalnya proses pelaksanaan berdasarkan Standar Operasinal Prosedur (SOP) yang ketat. Apalagi, saat ini sudah memasuki zaman revolusi industri 4.0, semua proses sudah menggunakan informasi teknologi (IT).

“Kita pastikan tanpa joki, sampai saat ini belum ditemukan, sebab semua proses pakai IT. Kalau ketahuan saksinya sangat berat, bahkan pidana,” ujar Rektor UNP Ganefri usai memantau pelaksanaan UTBK di sekolah di Padang, Sabtu (13/4/2019).

Iklan Dalam Berita

Ia menjelaskan, UTBK ini dilaksanaan dua gelombang, yakni 18.351 peserta gelombang pertama, dan 12.313 peserta gelombang kedua. Sebanyak 16.256 merupakan pendaftar beasiswa bidikmisi, baik bidang Saintek maupun Soshum.

“UTBK ini dilaksanakan selama 12 hari, tersebar di 15 lokasi dengan 33 ruangan gedung UNP, dan 33 ruangan di sekolah-sekolah mitra UNP. Sebanyak 30.733 peserta, kuota penerimaan UNP hanya sekitar 4.000 orang,” terang Ganefri.

Berdasarkan pemantauan di lokasi, pelaksanaan UTBK tahun 2019 di hari pertama ini, berjalan sukses dan lancar. Termasuk terkait listrik, maupun jaringan internet. Pasalnya, persiapan UTBK di ini sudah dilakukan jauh-jauh hari dengan fasilitas lengkap.

Bahkan, dalam penuturannya UNP telah menyediakan dana Rp2,3 miliar untuk pengadaan komputer untuk UTBK ini. Kemudian, juga kerjasama dengan Telkom untuk penyediaan internet, serta didukung dengan pengawas profesional.

“Alhamdulillah, hasil pantauan kita, sejauh ini UTBK lancar, dan tidak ada kendala. Apalagi tim IT kita juga siap jika terjadi sesuatu nantinya,” akunya di lokasi UTBK SMAN 3 Padang, didampingi tiga wakil rektor, Kepala Biro BPAKHM, serta Humas UNP.

Pernyataan yang sama juga diakui Kepala SMAN 3 Padang, Abinul Hakim bahwa pelaksanaan UTBK di berjalan lancar dan tanpa hambatan. Apalagi, SMAN 3 Padang sudah berpengalaman dengan adanya Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sebelumnya.

“Biasanya kalau dulu jalur tes SBMPTN, siswa kita bisa lulus sampai 95 persen, artinya menunggu sekitar 60-65 persen kelulusan untuk siswa kita tahun sekarang,” jelas Abinul.

Adapun lokasi UTBK, selain di gedung kampus UNP, yakni SMAN 7 Padang, MAN 2 Padang, SMAN 3 Padang, SMAN 1 Padang, SMKN 6 Padang, SMAN 6 Padang, SMKN 9 Padang, SMKN 3 Padang, SMKN 5 Padang, dan SMK Nusatama Padang. (005)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *