Perwakilan Makwaslu Forum Relawan Sumbar sedang membacakan tuntun saat unjuk rasa di depan Kantor KPU Sumbar, Selasa (30/4/2019) di Padang. (Foto: Wahyu)


Peristiwa

Unjuk Rasa ke Kantor KPU Sumbar, ini Tuntutan Puluhan Emak-Emak

PADANG (SumbarFokus)

Massa yang terdiri dari puluhan emak-emak melakukan unjuk rasa ke Kantor Kantor Pemilihan Umum Sumatera Barat (KPU Sumbar), terkait banyaknya kecurangan serta ketidakadilan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Pengunjuk rasa yang mengatasnamakan Emak-emak Pengawas Pemilu (Makwaslu) Forum Relawan Sumbar itu, mulai melakukan aksi sejak pukul 09.30 WIB, di depan Kantor KPU Sumbar, Jalan Pramuka Raya Nomor 9 Lolong Belanti, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang.

“Dalam Pemilu kali ini, banyak terjadi kezaliman dan kecurangan yang terstruktur, sistematis dan masif. KPU harusnya netral dan jujur,” sebut Koordinator aksi Sri Piliang, Selasa (30/4/2019) di Padang.

Iklan Dalam Berita

BACA JUGA Unjuk Rasa di KPU Sumbar, Puluhan Emak-emak Senandungkan "Bila Izrail Datang Memanggil"

Dalam unjuk rasa itu, Makwaslu juga membacakan lima tuntutan sebagai pernyataan sikap terhadap KPU Sumbar. Pertama, Makwaslu meminta kepada KPU Sumbar untuk menyelenggarakan Pemilu secara jujur, adil, dan transparan.

Kedua, Makwaslu menyerukan kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumbar untuk mendiskualifikasikan pasangan Capres-Cawapres, yang secara terstruktur, sistematis, dan masif melakukan kecurangan dan kezoliman.

Ketiga, Makwaslu menolak Pemilu ulang. Keempat, Makwaslu menyerukan kepada KPU sebagai penyelanggara Pemilu untuk tidak diam menyikapi jatuhnya korban. Terutama yang mengarahkan kepada indikasi dari kejahatan terstruktur yang harus dipertanggungjawabkan KPU.

Kelima, Makwaslu menyerukan aparat keamanan harus bersikap netral, tidak boleh condong terhadap satu pihak manapun, serta harus ikut mengamankan penghitungan Pemilu 2019 sampai tuntas.

“Kita barisan Emak-mak relawan di sini siap untuk melakukan kontrol dan mengawais proses Pemilu yang diselenggarakan KPU Sumbar, hingga 7 Mei 2019 mendatang,” tegas Sri.

Menanggapi tuntutan tersebut, Ketua KPU Sumbar Amnasmen menyampaikan pihak atau jajarannya menjamin, proses Pemilu di Sumbar akan jujur dan adil. Termasuk akan transparan dengan keterbukaan, tanpa memihak kepada Paslon.

Dalam pemaparannya, KPU Sumbar sangat merespon dengan baik tuntutan serta aspirasi Emakwaslu tersebut. Hal ini dinilai sebagai bentuk kepedulian agar KPU selaku penyelanggara Pemilu, bisa jujur dalam bekerja.

“Emak-emak yang menamakan Makwaslu ini, ada beberapa tuntutan kepada KPU, tentu kami respon dengan sebaiknya, dan dengan terbuka,” ungkap Amnasmen.

Dari pemantauan SumbarFokus di lapangan, unjuk rasa yang dilakukan Makwaslu Sumbar itu berjalan dengan aman. Hal ini dikarenakan unjuk rasa tersebut dilakukan penjagaan oleh puluhan personel polisi, baik dari Polresta Padang maupun Polda Sumbar. (005)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *