Puluhan Emakwaslu Sumbar unjuk rasa dengan menyanyikan lagu Qasidah Nasida Ria di depan Kantor KPU Sumbar di Padang, Selasa (30/4/2019). (Foto: Wahyu)


Politik

Unjuk Rasa di KPU Sumbar, Puluhan Emak-emak Senandungkan "Bila Izrail Datang Memanggil"

PADANG (SumbarFokus)

Puluhan massa yang mengatasnamakan Emak-emak Pengawas Pemilu (Makwaslu) Forum Relawan Sumatera Barat (Sumbar), mendatangi Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) provinsi setempat.

Ada yang menarik dalam aksi unjuk rasa Makwaslu Sumbar ini, yakni dengan melantunkan lagu qasidah Bila Izrail Datang Memanggil, yang pernah dipopulerkan oleh Nasida Ria di tahun 1980-an.

Bila Izrail datang memanggil, jasad terbujur di pembaringan. Seluruh tubuh akan menggigil, sekujur badan kan kedinginan. Demikian lirik lantun Emakwaslu di hadapan puluhan personel kepolisian, Selasa (30/4/2019) di Padang.

Iklan Dalam Berita

Lagu qasidah itu dinyanyikan Emakwaslu sebagai bentuk protes, sekaligus sindiran kepada KPU Sumbar, agar bersikap jujur dan netral sebagai panitia penyelanggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

BACA JUGA Unjuk Rasa ke Kantor KPU Sumbar, ini Tuntutan Puluhan Emak-Emak

Melalui lagu ini, Makwaslu Sumbar ingin menyampaikan pesan, bahwa hidup di dunia ini hanyalah sebentar. Maka untuk itu, KPU Sumbar tidak ikut berlaku curang. 

"KPU mestinya netral, jujur, adil, serta transparan sebagai penyelanggara Pemilu, bukan memihak ke salah satu Paslon," teriak massa dari Emakwaslu Sumbar itu.

Koordinator aksi Emakwaslu Sumbar Sri Piliang menyebutkan, aksi unjuk rasa ini dilakukan sebagai bentuk sikap tuntutan kepada KPU Sumbar, yang dinilai melakukan kezaliman serta kecurangan sistematis, pada 17 April 2019 yang lalu.

"Berbagai kecurangan yang dilakukan sistematis pada Pemilu 2019 ini, termasuk di Sumbar. Kita ingin KPU bersikap jujur dan adil," tegasnya.

Sementara Ketua KPU Sumbar Amnasmen menanggapi, kedatangan Emakwaslu unjuk rasa untuk menyampaikan inspirasi terkait kinerja KPU. Salah satunya terkait keterbukaan, kejujuran, dan transparan dalam penyelenggaraan Pemilu.

"Unjuk rasa ini sebagai bentuk kepedulian Emakwaslu Sumbar dalam mengawal Pemilu. Jadi ini akan menjadi perhatian KPU nantinya," sebut Amnasmen. (005)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *