Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat Reva F Yuliasman



UKL Dongkrak Penerbitan Dokumen Kependudukan di Pessel

PAINAN (SumbarFokus)

Sejak Unit Kerja Layanan (UKL) dioperasikan pada awal Juli 2018 di 15 kecamatan di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat, ikut mendongkrak penerbitan dokumen kependudukan hampir dua kali lipat.

Ini dikatakan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat, Reva F Yuliasman di Painan, Rabu (31/10/2018).

Dikatakannya, dalam rentang Juli-September 2018 telah diterbitkan 50.328 lembar dokumen kartu keluarga, padahal sebelum UKL dioperasikan rentang dua bulan dari April-Juni penerbitan kartu keluarga hanya 28.420 lembar saja.


Menurutnya, peningkatan ini menunjukan bahwa UKL terbukti memberikan kemudahan dan meningkatkan keinginan masyarakat dalam mendapatkan dokumen kependudukan," ujarnya.

“selain dokumen kependudukan penerbitan akta kematian semenjak adanya UKL juga mengalami peningkatan hampir dua kali lipat. Dari sebelumnya selang dua bulan hanya 324 lembar akta kematian yang diterbitkan, meningkat menjadi 606 lembar,” kata dia.

Ia mengatakan, selain dua dokumen itu dokumen lain juga mengalami peningkatan, seperti penerbitan dokumen akta kelahiran dari sebelumnya selang dua bulan hanya sebanyak 18.265 lembar menjadi 24.472 lembar.

Kemudian perbaikan data anomali dari sebelumnya rentang April-Juni hanya mampu diperbaiki 1.322 namun rentang Juli-September mampu diperbaiki 3.221 data.

Ia mengatakan, setiap petugas UKL dilengkapi dengan sepeda motor sehingga petugas bisa berkunjung ke kampung-kampung yang sulit diakses dalam memberikan pelayan kepada masyarakat. (002)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2020