Rektor UIN Imam Bonjol Padang, Eka Putra Wirman dalam acara Wisuda ke-81 di Padang, Sabtu (27/4/2019). (Foto: Wahyu)


Pendidikan

UIN Imam Bonjol Padang akan Buka Dua Prodi dengan Dua Fakultas Baru

PADANG (SumbarFokus)

Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang Sumatera Barat (Sumbar), terus berbenah, salah satunya dengan membuka dua program studi dan dua fakultas baru tahun ini.

Diketahui, kedua program studi baru ini, sudah keluar izinnya dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) RI. Bahkan, saat ini ada tiga program studi lagi menunggu izin dari pusat. 

"Kita akan membuka prodi Matematika dan Sistem Informasi, sudah ada izin dari Kemenristekdikti," ungkap Rektor UIN Imam Bonjol Padang, Eka Putra Wirman dalam Wisuda ke-81, Sabtu (27/4/2019) di Padang.


Demi program studi yang akan dibukakan itu, pihaknya juga akan membuka fakultas baru, yakni Fakultas Sains dan Teknologi, serta Fakultas Sikologi dan Ilmu Kesehatan. Kedua fakultas ini, akan dibangun di Kampus III Sungai Bangek.

"Mudah-mudahan, menjelang akhir tahun ini, portaker disetujui Menpan," harapnya optimis.

Dengan adanya program studi baru ini, ke depan UIN Imam Bonjol Padang akan mampu  melahirkan berbagai lulusan keilmuan nantinya. Meskipun demikian, progam studi yang ada saat ini harus terus-menerus ditingkatkan pula.

"Prodi yang lama harus tetap eksis, jangan sampai sepi peminat gara-gara adanya prodi baru," ujar Eka.

Menurutnya, salah satu upaya untuk meningkatkan eksistensi prodi yang ada saat ini, yakni menanamkan sikap optimisme, dan meningkatkan kapasitas diri. Tujuannya, agar bisa melahirkan lulusan unggul, kompetitif, dan berdaya saing.

"Baik pimpinan, dosen, serta mahasiswa harus meningkatkan kempetensi, agar bisa berdampak pada akreditasi prodi maupun institusi," terangnya.

Selain itu, alumni juga diharapkan berperan aktif dalam memberikan kontribusi bagi kampus. Salah satunya dengan menjaga nama baik program studi, dan nama baik kampus. "Jadi jangan ada alumni yang tidak bangga dengan almamaternya," tegas Eka.

Diketahui, saat ini jumlah mahasiswa UIN sebanyak 12.527 orang, yang tersebar di 38 program studi pada enam fakultas dan pascasarjana. Jumlah mahasiswa tersebut diayomi oleh 343 dosen PNS dengan 14 profesor, dan 19 dosen non-PNS.

"Kita terus mendorong dosen magister, atau doktor percepat melakukan studi lanjut, agar ada pengganti guru-guru besar yang sudah banyak usia pensiun," pungkasnya. (005)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018