Ketua Yayasan TK Kartika 1-63 dan KB Mutiara Bunda Yonif 133/YS Nita Sulisetianti saat prosesi wisuda 35 anak periode ke-dua, Minggu (23/6/2019). (Foto: Wahyu)


Pendidikan

TK Kartika 1-63 dan KB Mutiara Bunda Yonif 133/YS Bukan Sekolah Khusus untuk Anak TNI

PADANG (SumbarFokus)

Sekolah Taman Kanak-kanan (TK) Kartika 1-63 dan Kelompok Bermain (KB) Mutiara Bunda Yonif 133/Yuda Sakti, bukanlah sekolah khusus untuk anak-anak prajurit TNI saja, melainkan terbuka untuk anak-anak sipil secara keseluruhan.

Pernyataan itu disampaikan oleh Ketua Yayasan TK Kartika 1-63 dan KB Mutiara Bunda Yonif 133/YS Nita Sulisetianti, usai prosesi wisuda 35 anak sebagai periode ke-dua sekolah tersebut, Minggu (23/6/2019).

Ia menuturkan, Yayasan TK Kartika 1-63 dan KB Mutiara Bunda Yonif 133/YS sangat terbuka untuk menerima siswa dari masyarakat umum. Ini merupakan salah satu wujud membaurnya TNI dengan masyarakat luas tanpa ada pembedaan perlakuan.


Nita memang mengakui, mayoritas yang sekolah di Yayasan TK Kartika 1-63 dan KB Mutiara Bunda Yonif 133/YS adalah anak-anak prajurit TNI. Namun ini dengan alasan agar anak-anak bersangkutan bisa diawasi dengan baik, sekaligus dikarenakan lokasinya masih dalam lingkungan asrama TNI.

"Anak siapapun, boleh mendaftar di TK ini, dan tidak ada beda perlakuan. TK Kami juga sudah dilengkapi berbagai fasilitas, untuk menunjang proses belajar anak," paparnya.

Yayasan TK Kartika 1-63 dan KB Mutiara Bunda Yonif 133/YS bukan hanya mengajarkan anak-anak tentang ilmu pengetahuan umum saja. Pengetahuan agama juga jadi pelajaran yang diutamakan di sana.

“Sehingga anak-anak bukan hanya bisa membaca, berhitung, dan lainnya, tapi juga sudah mulai mengerti tentang agama,” ujar ketua yayasan tersebut.

Pernyataan itu memang diakui oleh salah seorang orang tua siswa, Nora Eka Putri, bahwa anaknya lebih mandiri dan disiplin setelah dididik di Yayasan TK Kartika 1-63 dan KB Mutiara Bunda Yonif 133/YS tersebut.

“Anak saya dulu memang manja, tapi setelah masuk Yayasan TK Kartika 1-63 dan KB Mutiara Bunda Yonif 133/YS ini, ia mulai mandiri dan disiplin karena sekolahnya di lingkungan TNI,” ungkap Nora yang juga seorang dosen itu.

Ia mengakui, meskipun Yayasan TK Kartika 1-63 dan KB Mutiara Bunda Yonif 133/YS lokasinya di lingkungan TNI, tapi sangat bersahabat dan nyaman bagi anak-anak sipil lainnya. Bahkan, setiap ada kegiatan sekolah orang tua diikutsertakan.

Selain itu, sekolah TK Kartika 1-63 dan KB Mutiara Bunda Yonif 133/YS, anaknya memiliki pengetahuan yang lebih. Bukan hanya terkait ilmu umum dan agama, tapi juga tentang ilmu kedisiplinan serta berbagai profesi lainnya.

“Anak-anak bukan hanya belajar dalam kelas, tapi bahkan juga di luar sekolah. Misalnya, kunjungan ke Damkar, PT KAI, bahkan melihat Alutsista TNI,” akunya.

Meski demikian, ia tetap berharap Yayasan TK Kartika 1-63 dan KB Mutiara Bunda Yonif 133/YS, ke depannya juga harus lebih menonjolkan pengetahuan agama bagi anak-anak. Tujuannya agar semua anak bisa memiliki bekal lebih dibanding TK lainnya. (005)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018