Kepala sekolah SMAN 2 Sipora Helimursida. (Foto: Hendrianto L Raja)


Pendidikan

Tingkat Kelulusan SMAN 2 Tuapeijat Nyaris Seratus Persen

TUAPEIJAT (SumbarFokus)

Tingkat kelulusan di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Sipora Tuapeijat Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar) nyaris seratus persen.  Disebutkan oleh Kepala Sekolah SMAN 2 Sipora Helimursida saat disambangi SumbarFokus di ruang kerjanya, masih ada siswa yang dinyatakan lulus bersyarat karena beberapa nilainya perlu perbaikan.

Dari 174 siswa SMAN 2 Sipora yang ikut Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), enam orang harus memperbaiki nilainya. Keenam siswa ini, jika sudah menuntaskan mata pelajaran yang dinyatakan nilainya perlu diperbaiki, barulah bisa dikatakan lulus.

"Kelulusan SMA ditentukan pada nilai Ujian Akhir Sekolah Nasional Berbasis Komputer (UASNBK). Bila ada salah satu mata pelajaran yang belum tuntas, harus segera diperbaiki jika anak yang bersangkutan ingin lulus. Pihak sekolah akan memanggil orang tua untuk memberi tahu bahwa siswa bersangkutan belum bisa menerima surat kelulusannya," jelas Helimursida.


Disebutkan, orangtua dari siswa yang nilainya perlu diperbaiki, disurati untuk datang ke sekolah. Sekolah menjelaskan kepada orangtua yang bersangkutan, bahwa anaknya perlu memperbaiki nilai.

"Tapi bukan berarti tidak lulus ya. Kalau sudah tuntas semuanya, baru kita nyatakan lulus. Dinas menyerahkan ke kita, dan Sekolah yang menentukan kelulusan siswa,” ungkap Helimursida.

Disebutkan juga, pihak sekolah juga telah mengimbau para siswa agar tidak melakukan konvoi serta corat-coret baju, untuk menghindari hal-hal yang menyebabkan terjadinya kecelakaan dan merusak nama baik sekolah.

"Jika terjadi demikian, siswa-siswi yang melakukan tindakan melanggar aturan akan mendapatkan hukuman sesuai aturan sekolah," katanya. (017)

 

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018