Disporseni Nasional UT 2019 dihadiri kontingen-kontingen dari seluruh perwakilan UPBJJ UT se-Indonesia. (Foto: Ist.)


Pendidikan

Tim UT UPBJJ Padang Menang Lomba di Disporseni Nasional UT 2019

PADANG (SumbarFokus)

Tim Universitas Terbuka (UT) Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Padang berhasil memenangkan Lomba Debat yang digelar dalam rangkaian kegiatan Diskusi Ilmiah Pekan Olahraga dan Seni (Disporseni) Nasional UT 2019, baru-baru ini. Tim Debat tersebut beranggotakan tiga orang mahasiswa UT UPBJJ Padang, yaitu Kristiawati (mahasiswi Magister Pendidikan Dasar), Pratiwi Rulianda (mahasiswi Manajemen), dan Amelia Resti Fauzi (mahasiswi Manajemen).

Keberhasilan tiga mahasiswi ini tentu saja mengharumkan nama UT UBPJJ Padang di tengah kancah nasional yang diikuti oleh ratusan mahasiswa yang berasal dari berbagai dari di Indonesia, mulai dan Sabang sampai Merauke.

“Tim Debat dari UT Padang optimis mengukir prestasi dalam perlombaan debat ilmiah DISPORSENI UT 2019,” kata Kristiawati saat dihubungi SumbarFokus melalui ponsel.


Tiga peserta lomba dalam ajang Disporseni Nasional UT 2019 yang berasal dari UT UPBJJ Padang. (Foto: Ist.)

Sementara, dihubungi melalui telepon seluler juga oleh SumbarFokus, Direktur UT UPBJJ Padang Yusrafiddin menjelaskan bahwa Disporseni Nasional UT 2019 ini diselenggarakan seiring Dies Natalis ke-35 Lustrum VII UT.

Disporseni Nasional UT 2019 berlangsung selama sembilan hari mulai tanggal 28 Agustus hingga 5 September 2019 di Kantor UT Pusat, Pamulang, Tangerang Selatan. Tema yang diangkat pada Disporseni Nasional UT 2019 adalah Mengukuhkan Konektivitas Bangsa Melalui Sportivitas dan Kreativitas,” ungkap Yusrafiddin.

Diungkapkan, mahasiswa UT dari seluruh daerah di Indonesia dalam ajang ini, tak ketinggalan pula mahasiswa UT dari luar negeri. Selain 40 UPBJJ se-Indonesia mengikuti, event pemersatu seluruh almamater UT ini juga diikuti oleh mahasiwa-mahasiswa dari perguruan tinggi negeri ataupun swasta yang diundang oleh UT Pusat.

“Ajang ini, selain sejalan dengan upaya melaksanakan Tri Dharma perguruan tinggi, juga untuk membangun dan membina komunikasi antara mahasiswa segingga dapat menimbulkan kedekatan, kesetiaan, dan kebanggaan terhadap almamaternya dan terhadap mahasiswa di perguruan tinggi lainnya,” tambah Yusrafiddin.

Perguruan tinggi di luar UBPJJ Universitas Terbuka yang ikut berpartisipasi dalam Disporseni Nasional UT 2019 beberapa di antaranya yaitu Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Merdeka Malang, Universitas Muhammadiyah Jakarta, dan Universitas Pamulang. Sementara, perlombaan yang diangkatkan di antaranya lomba debat, pertandingan bulu tangkis, pertandingan tenis meja, pertandingan catur, dan lomba inovasi teknologi inflamasi. Selain itu juga ada lomba-lomba bersifat kesenian yang digelar.

Direktur UT UPBJJ Padang Yusrafiddin (dua dari kanan) berfoto bersama peserta Lomba Debat dalam ajang Disporseni Nasional UT  2019, baru-baru ini. (Foto: Ist.)

“Ada 528 mahasiswa peserta lomba yang berasal dari UPBJJ UT, selain mahasiswa yang berasal dari perguruan tinggi undangan. Ada delapan perguruan tinggi undangan yang ikuti Disporseni Nasional UT. Untuk juri, panitia mendatangkan 50 orang juri yang berasal dari berbagai latar belakang,” sebut Yusrafiddin.

Disporseni sendiri, disebutkan Direktur, diharapkan jadi salah satu perekat keluarga besar UT yang mahasiswanya tersebar di seluruh Indonesia, bahkan sampai ke luar negeri. Melalui ajang ini pula, diharapkan para mahasiswa terkesplorasi bakat dan minatnya, sesuai dengan perlombaan yang diangkatkan. (000/003)

 

 

 

 

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *