Bupati Agam Indra Catri Bupati Agam Indra Catri saat temu ramah dengan masyarakat. (Foto Anizur)


Lain-lain

Tim Safari Ramadan Agam akan Kunjungi 45 Masjid selama Ramadan

AGAM (SumbarFokus)

Salah satu agenda rutin tahunan Pemerintah Kabupaten Agam adalah melaksanakan Safari Ramadan, yakni melakukan kunjungan ke masjid-masjid dalam wilayah Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar).

Pada Ramadhan 1440 H kali ini, Tim Safari Ramadan (TSR) diagendakan mengunjugi 45 masjid yang tersebar di Kabupaten Agam mulai Minggu (5/5/2019) sampai Selasa (21/5/2019).

Seperti disampaikan Kepala Bagian (Kabag) Kesra Setda Agam, melalui Kasubag Agama Yosman di ruangannya, Jum’at (3/5/2019), kegiatan Safari Ramadan setiap tahunnya dalam rangka mempererat hubungan silahtuhrahmi pemerintah daerah dengan masyarakat dalam kehidupan beragama dan bernagari. Safari Ramadan ini juga sebagai sarana penyebarluasan informasi pembangunan dan juga menyerap berbagai aspirasi yang berkembang di tengah masyarakat.

Iklan Dalam Berita

“Kunjungan TSR ke masjid merupakan agenda tahunan Pemkab Agam agar dapat meningkatkan silaturahim dan Ukhuwah Islamiyah antara Pemkab Agam dengan masyarakat, khususnya jamaah tarawih,”ujarnya

Selain Bupati, wakil Bupati, Ketua DPRD dan Forkompinda, di dalam tim juga terdapat kepala organisasi perangkat daerah (OPD), anggota DPRD,  Majelis Ulama, organisasi kemasyarakatan dan wartawan. Masing-masing tim dilengkapi dengan Muballigh yang akan menyampaikan tausiah agama.

“Seperti Ramadhan-ramadhan sebelumnya TSR Agam 2019 ini masih didampingi anggota DPRD, ulama, Pimpinan OPD dan wartawan. Di masjid yang dikunjungi tersebut, tiap ketua tim akan menyampaikan pesan-pesan pembangunan yang sudah dilaksanakan dan akan dilaksanakan,” ujarnya

Selain itu, TRS bakal menyerahkan bantuan sebesar Rp450 juta, masing-masing masjid yang  dikunjungi  mendapat bantuan Rp10 juta untuk kelangsungan pembangunan masjid tersebut.

“Dalam kunjungan nanti, TSR bakal berikan bantuan uang tunai guna membantu pembangunan masjid yang dikunjungi. Bantuan diserahkan secara simbolis dan uang nya dikirim melalui rekening masjid,” kata Yosman.

Selain uang tunai, Pemkab Agam melalui Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPKP) juga berikan bantuan bibit sebanyak 28.400 batang dengan berbagai jenis seperti, petai, jengkol, nangka, pokat, jambu, saus dan mangga. Sedangkan Dinas Pertanian menyediakan bibit hortikultura 10.936 batang dengan jenis, manggis, durian, rambutan, pokat,nangka, jengkol, sukun, petai, kelapa hibrida, kulit manis, pala, kopi, kelapa dalam dan cengkeh.

“Bibit yang disalurkan, disesuai dengan kondisi wilayah yang akan dikunjungi oleh Tim Safari Ramadhan nantinya,” pangkasnya

Sesuai SK (Surat Keputusan) Bupati Agam, Indra Catri nomor 157 tertanggal 16 April 2019, Tim Safari Ramadan kabupaten Agam Tahun 2019 terdiri ada 16 tim reguler dan dua tim khusus Bupati Agam dan Wakil Bupati Agam.

Tim I yang dipimpin langsung oleh Bupati Agam dengan membawa Mubaligh Ilham, Lc mengunjungi Mesjid Nurul Iman Nagari Lasi Canduang dan Mesjid Al Irsyad Nagari Baringin Palembayan. Tim II yang diketuai wakil Bupati Agam mengunjungi Mesjid Muthmainnah Nagari Bayur Tanjung Raya dan Masjid Al Huda Nagari Koto Tangah Tilatang Kamang.

Untuk TSR III dipimpin ketua DPRD Agam, TSR IV diketuai Kajari Kabupaten Agam, TSR V dipimpin Ketua Pengadilan Negeri Lubuk Basung, TSR VI dipimpin Dandim 0304 Agam, TSR VII dipimpin Kapolres Bukittinggi, TSR VIII dipimpin Kapolres Agam.

Sementara, TSR IX diketuai Sekretaris Daerah, TSR X dipimpin Wakil Ketua DPRD Agam Fraksi Golkar, TSR XI Wakil Ketua DPRD Agam Fraksi PKS, TSR XII dipimpin Wakil Ketua DPRD Agam Fraksi PAN.

Sedangkan TSR XIII dipimpin Ketua Pengadilan Agama Lubuk Basung dan TSR XIV dipimpin Ketua Pengadilan Agama Maninjau, TSR XV dipimpin Ketua MUI Kabupaten Agam,dan  TSR XVI dipimpin Ketua LKAAM Kabupaten Agam.

Selain penjabat lingkungan Pemkab Agam, anggota tim yang berjumlah 9 sampa 20 orang tersebut juga terdiri dari Anggota DPRD Agam, Baznas Agam, KPU Agam, Bawaslu Agam, BPS Agam, Bank Nagari cab. Lubuk Basung, Bank BRI Lubuk Basung, Bank BNI Lubuk Basung, PDAM Tirta Antokan, PLN cabang Bukitinggi, Pos dan Giro Bukittinggi, BPJS Bukittingi, BKPRMI Agam, Dewan Mesjid Indonesia Kab. Agam serta awak media yang bertugas di Kabupaten Agam. (007)

 

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




      agam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *