Pembersihan material ini merupakan antisipasi tanah longsor yang dilakukan BPBD Agam. (Foto: Ist.)


Lain-lain

Tim BPBD Agam Dikerahkan untuk Menyegerakan Pembersihan Material Pinggir Jalan

LUBUK BASUNG (SumbarFokus)

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar), Muhammad Lutfi Ar menyampaikan bahwa BPBD Agam mengerahkan tim untuk membersihkan material tanah yang teronggok di pinggir jalan sepanjang Jorong Kampeh, Nagari Simarasok, Kecamatan Baso, Selasa (18/2/2020).

"Pembersihan ini sebagai langkah antisipasi tanah longsor di daerah itu," katanya.

Disebutkan, pembersihan tanah itu juga melibatkan pemerintah kecamatan, nagari atau desa adat dan masyarakat. Material tanah yang dibersihkan itu menjorok ke jalan yang berpotensi longsor apabila curah hujan tinggi melanda daerah itu.


Dengan kondisi itu, badan jalan bisa tertimbun material yang mengakibatkan akses lalu lintas terganggu.

"Sebelum ini terjadi dan memakan korban jiwa, kita membersihkan tanah itu dalam rangka mengurangi risiko bencana tanah longsor," sebutnya.

Sebelumnya, personel BPBD Agam membersihkan material tanah longsor menimbun dua unit rumah di Dusun Pisang Baruah, Jorong Koto Tuo, Nagari Simarasok, Kecamatan Baso.

Rumah dengan kondisi rusak berat pada dinding belajang milik Marliati (47) dan Roza Elina (38). Akibat kejadian itu korban mengalami kerugian sekitar Rp15 juta dan tidak ada korban jiwa.

"Rumah itu tertimbun longsor pada Senin (17/2) sore akibat curah hujan tinggi," ujar Lutfi Ar. (002)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




      agam