Gubernur Sumbar Irwan Prayitno didampingi Kabid Monitoring dan Evaluasi TJSL Kementerian BUMN Sandra Firmania, Kepala Divre II KAI Fredi Firmansyah, Direktur Utama PT Semen Padang Yosviandri, Direktur Utama PT Perusahaan Pengelolaan Aset Iman Rachman, saat Jalan Santai di Stasiun KAI Padang, Minggu (18/8/2019). (Foto: Wahyu)


Ekonomi

Tiga BUMN Hadir untuk Negeri Salurkan Bantuan Rp8 Miliar di Sumbar

PADANG (SumbarFokus)

Program BUMN Hadir untuk Negeri kembali hadir di Sumatera Barat (Sumbar) yang kelima kalinya. Beragam program bantuan disalurkan kepada masyarakat, dengan nilai sedikitnya Rp8 miliar. 

"Bantuan BUMN untuk masyarakat itu banyak banget. Khusus di Sumbar, 2019 ini menyalurkan bantuan sedikitnya Rp8 miliar," sebut Kepala Bidang (Kabid) Monitoring dan Evaluasi Tanggungjawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Kementerian BUMN Sandra Firmania, Minggu (18/8/2019) di Padang.

Sandara mengatakan, dana tersebut merupakan dana CSR dan dana bina lingkungan sinergisitas tiga BUMN di tanah air. Diantaranya, PT Kereta Api Indonesia, PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA), dan PT Semen Padang, sebagai wujud berbagi kepedulian kepada masyarakat.


Dalam program BUMN Hadir untuk Negeri 2019 ini, melibatkan setidaknya 100 BUMN di seluruh tahan air, dengan beragam bantuan untuk masyarakat. Khusus di Sumbar, bukan habya di Padang, tapi juga diberikan bantuan hingga ke daerah Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman.

"Kami berharap seluruh bantuan yang disalurkan BUMN di Indonesia bermanfaat bagi penerimanya," sebut Sandra.

Salah satu, bantuan BUMN Hadir untuk Negeri di Sumbar, menggelar 4.000 paket sembako murah untuk keluarga dan masyarakat tidak mampu. Kegiatan pasar murah itu selama dua hari, Minggu dan Senin di halaman Stasiun Divre II Kareta Api Sumbar, Simpang Haru Kota Padang.

"Total paket sembako murah 4.000, yakni kemarin 1.000 paket, hari ini di Stasiun KAI 2.000 paket, dan besok 1.000 paket lagi," ujarnya lagi.

Diterangkannya, paket sembako murah itu nilainya Rp100.000 yang ditukar dengan kupon seharga Rp10.000. Isinya berupa minyak goreng, beras, ikan kaleng, tepung terigu. Paket itu dibagikan kepada masyarakat yang tinggal di sepanjang rel kereta api, dan empat kecamatan lainnya di Kota Padang.

Selain paket sembako murah, program BUMN Hadir untuk Negeri ini juga menggelar jalan sehat, pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat seperti, elektrifikasi, bantuan MCK, air bersih, hingga bedah rumah. Ditargetkan semua kegiatan bantuan itu selesai Oktober atau November 2019 nanti.

"BUMN Hadir untuk Negeri ini juga diikuti Siswa Mengenal Nusantara (SMN). Tahun 2019 ini, Sumbar mengirim 23 orang SMN ke Kalimantan Selatan, begitu juga sebaliknya, dengan kegiatan yang pada selama 10 hari," paparnya.

Kegiatan paket sembako murah ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Apalagi hanya dengan mengeluarkan uang Rp10.000 bisa mendapatkan beragam sembako. Bahkan ada yang menerima secara gratis paket sembako murah tersebut.

"Saya sangat bersyukur bisa menerima sembako ini. Isinya lumayan banyak, dapatnya gratis. Sebab kemarin saya diberikan kupon oleh pak RT," kata Santi (36) warga Batipuah Panjang itu. (005)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018