Maidestal Hari Mahesa. (Foto: Ist.)


Pendidikan

Terkait Persoalan SMPN 13, DPRD Minta Disdik Ambil Sikap

PADANG (SumbarFokus)

Terkait tuntutan warga sekitar SMPN 13 Padang pada Rabu (20/3/2019), Ketua Komisi IV DPRD Kota Padang Maidestal Hari Mahesa meminta Dinas Pendidikan Kota Padang mengambil tindakan cepat merespon tuntutan tersebut. Ini agar masalah yang ada tidak membuat proses ujian yang akan dilaksanakan siswa tidak terganggu dan persoalan ini segera tuntas.

Menurut Esa, Dinas terkait harus bergerak cepat dan mengambil sikap.

Menyorot apa yang dikeluhkan oleh masyarakat, Esa memberi penekanan bahwa seharusnya sekolah bisa menempatkan orang yang berkompeten untuk berada di posisi pimpinan di lembaga pendidikan. Orang tersebut juga harus berpengalaman dan terbuka dengan pemangku kepentingan.


“Jangan Disdik menempatkan seorang kepala sekolah karena kedekatan atau ada hubungan saudara. Ini kan tidak benar. Makanya kejadiannya seperti ini," ucap Ketua PPP Kota Padang ini.

Esa mengaku prihatin terhadap aksi para kepala-kepala sekolah yang terkadang semena-mena mengambil keputusan di sekolah yang dipimpinnya. Semestinya, kepala-kepala sekolah melakukan koordinasi mengenai kebijakan yang akan diputuskan dan diterapkan dengan majelis guru dan wali murid. Supaya mereka menyetujui dan keributan tak terjadi setelah kebijakan disepakati.

" Kepsek harus rangkul semuanya dahulu sebelum mengambil keputusan," tambah Esa lagi.

Anggota Komisi IV DPRD Kota Padang lainnya, Jumadi meminta kepada Disdik mengganti kepsek tersebut sesuai mekanisme yang ada. Jangan lagi dipertahankan, apabila tidak mampu menguasai lokasi yang ia tempati. "Evaluasi saja sesuai dengan SOP," ujarnya lagi.

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang Barlius mengatakan,  untuk solusi persoalan di SMPN 13, pihaknya telah menyurati Wali Kota Padang. Kemudian langkah selanjutnya, tim akan turun ke lapangan menelusuri apa yang terjadi di sekolah tersebut.

"Kita tunggu saja laporan dari tim yang diutus Wali Kota ke sekolah bersangkutan. Mengenai waktu tim bekerja dan turun, tidak bisa diprediksi lamanya. Yang jelas masalah ini akan ditangani segera,” tegasnya. (003)

Kita Peduli!

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




      dprd-kota-padang