Ilustrasi masker. (Foto: Ist.)


Lain-lain

Telah 300 Pelanggar Perda AKB Terjaring Operasi Yustisi di Kabupaten Solok

AROSUKA (SumbarFokus)

Telah sebanyak 300 pelanggar Peraturan Daerah (Perda) nomor 6 tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) terjaring oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Damkar, dalam operasi yustisi di daerah tersebut.

Dijelaskan oleh Kasat Pol-PP dan Damkar Kabupaten Solok Efriadi di Arosuka, Rabu (11/11/2020), sebanyak 299 orang diberikan hukuman sosial dengan membersihkan fasilitas umum dan satu orang berupa denda karena sudah berulang kali melanggar.

Selain itu, petugas gabungan memberikan hukuman sosial berupa membersihkan fasilitas umum hingga memungut sampah yang ada di sekitar tempat razia Perda AKB.


"Selama operasi yustisi yang digelar sejak Oktober 2020, mayoritas pelanggar yang ditemui yakni masyarakat atau pengendara yang tidak menggunakan masker," ujarnya.

Selain itu, petugas juga memberikan peringatan tertulis terhadap dua tempat usaha yang kedapatan tidak menerapkan protokol kesehatan.

Kasat menyampaikan bahwa dirinya berharap dengan operasi yustisi yang dilakukan dapat menggerakkan kesadaran masyarakat akan pentingnya protokol kesehatan dalam mencegah dan menanggulangi COVID-19.

"Peraturan yang ditegakkan bukan untuk memberatkan masyarakat. Namun untuk melindungi. Jangan sampai tertular maupun menularkan COVID-19," ujarnya.

Menurut dia saat ini masker merupakan yang paling penting dalam protokol kesehatan untuk pencegahan penyebaran virus COVID-19. Sedangkan para pelanggar yang dijumpai, disebutkan, berdalih lupa memakai masker atau ketinggalan di rumah.

“Ini menandakan masih banyak masyarakat yang belum peduli dengan pencegahan dan penanganan COVID-19," Efriadi menekankan.

Kita Peduli!

Dalam kaitannya dengan kondisi ini, maka Efriadi mengimbau masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan berstandar COVID-19, yakni memakai masker, menghindari kerumunan, dan mencuci tangan. (002)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2020