Pengendara sepeda motor sedang melewati jalan provinsi tempatnya di Jalan Gajah Mada, Kecamatan Lubukbasung, Kabupaten Agam, Rabu (17/10). (ist)



TdS Sudah Dekat, Jalan di Agam Banyak Berlubang

LUBUKBASUNG (SumbarFokus)

Pelaksanaan iven olahraga internasional berpadukan pariwisata yang dikenal dengan Tour de Singkarak (TdS) sudah semakin dekat. Namun jalan provinsi yang akan dilalui para pebalap TdS itu di Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar) masih banyak yang berlubang.

Fakta ini diakui Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Agam Yunaldi didampingi Kasi Jalan Gani Basya di Lubukbasung, Rabu (17/10/2018).

"Jalan provinsi yang akan dilalui peserta TdS di daerah itu sepanjang 50 kilometer dari Simpang Gudang Kecamatan Lubukbasung hingga Ambun Tanai Kecamatan Matur, kondisinya dalam keadaan rusak ringan," kata dia.


Ia berjanji jalan tersebut diperbaiki beberapa Minggu menjelang pelaksanaan TdS pada 3-11 November 2018.

Dikatakannya, dari penelusuran pihaknya terdapat puluhan lubang di jalan tersebut dengan ukuran bervariasi mulai dari 10 sampai 50 centimeter.

“Selain berlubang jalan provinsi di Jalan Gajah Mada, Kecamatan Lubukbasung selalu digenangi air saat curah hujan melanda,” katanya.

Ia mengatakan, kondisi itu dapat mengganggu para peserta TdS pada etape empat dengan start di Padang dan finis di Ambun Pagi, Kecamatan Matur, Agam pada Rabu (7/11).

Diakuinya baha pihaknya telah melaporkan kerusakan itu ke Bagian Pemeliharaan Jalan Dinas Prasarana Jalan, Tata Ruang dan Permukiman Sumbar.

"Berkemungkinan jalan tersebut diperbaiki beberapa Minggu menjelang pelaksanaan TdS pada 3-11 November 2018," katanya.

Kita Peduli!

Dikatakannya, untuk jalan kabupaten dan jalan nasional dalam kondisi baik, karena baru diperbaiki.
Namun katanya, beberapa hari menjelang dilalui, jalan itu akan dibersihkan dari material pasir.

Ia mengatakan, dalam pembersihan jalan itu melibatkan Satpol-PP Damkar Agam. (002)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2020




      agamsumbarwisata