Masyarakat Nagari Sinuruik, Kecamatan Talamau, antusias mengikuti vaksinasi. (Foto: Ist.)


Pemerintahan

Targetkan 1000 Peserta, Pemnag Sinuruik Nagari Pertama yang Luncurkan Festival Vaksin di Pasbar

PASAMAN BARAT (SumbarFokus)

Pemerintah Nagari Sinuruik, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), melaksanakan peluncuran Festival Vaksin dan Vaksin Delivery dalam rangka pencapaian target Vaksinasi di daerah tersebut. Nagari Sinuruik merupakan nagari pertama yang melaksanakan Kegiatan tersebut dari sebanyak 19 nagari yang ada di Pasaman Barat.

Dengan target 1000 orang untuk dilakukan vaksinasi, kegiatan Vaksinasi tersebut dilakukan di tiga tempat yaitu di halaman Kantor Camat Talamau, Sekolah SMA, dan SMK yang ada di Kenagarian Sinuruik, Kamis (14/10/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh unsur Forkopimda Pasaman Barat, Ketua PMI Provinsi Sumbar Aristo Munandar, Ketua PMI Pasaman Barat Risnawanto, Forkopimca Kecamatan Talamau, Tuanku Bosa, Tenaga Kesehatan, Duta Vaksin Kecamatan Talamau, M. Niam Billi Yaksi siswa kelas 6 SD 20 Talamau yang sudah dua kali melakukan vaksin, serta seluruh masyarakat yang hadir untuk mendapatkan vaksinasi.

Pj. Wali Nagari Sinuruik M. Faridh Muhammad Ali mengatakan, kegiatan itu diselenggarakan oleh Pemerintah Nagari Sinuruik yang bersumber dari dana Nagari, yang pelaksanaannya dilakukan oleh Tenaga kesehatan dan PMI Kabupaten Pasaman Barat.


"Kegiatan ini kita lakukan dalam upaya percepatan target vaksinasi di Kabupaten Pasaman Barat dengan target sebanyak 1000 orang untuk dilakukan vaksinasi,"ucapnya kepada awak media, Jumat (15/10/2021).

Dirinya menambahkan, berkat kerjasama yang baik antara seluruh stakeholder yang ada, kegiatan berjalan dengan lancar sesuai dengan yang diharapkan. Bahkan, berkat usaha kerja keras bersama untuk meyakinkan masyarakat untuk bersedia dilakukan vaksinasi, sudah lebih dari 1000 orang masyarakat yang telah mendaftar untuk mengikuti vaksinasi tersebut.

"Alhamdulillah, berkat dukungan dan kerjasama yang baik antara Pemerintah Nagari, Kecamatan, instansi TNI/Polri, PMI, Tokoh masyarakat, serta instansi lainnya dan tingginya kesadaran masyarakat sudah lebih 1000 orang yang mendaftar untuk dilakukan vaksinasi pada hari ini," ungkapnya.

Sementara, Ketua PMI Provinsi Sumbar Aristo Munandar dalam sambutannya mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi atas kerjasama yang baik antara Pemerintah Kecamatan dengan Nagari hingga Kepala Jorong dan masyarakat dalam menyikapi dan mensukseskan program pemerintah tersebut.

"Saya sangat mengapresiasi kepada pemerintah dan masyarakat Kecamatan Talamau atas terselenggaranya Vaksinasi yang melibatkan lebih dari 1000 orang. Semoga kegiatan ini bisa menambah kekuatan bagi kita, serta selalu diberi kesehatan dan dijauhkan dari COVID-19 dan bisa lebih sehat lagi," kata Aristo.

Di samping itu, Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto yang juga selaku Ketua PMI Pasaman Barat menyampaikan, dalam upaya percepatan target vaksinasi di Pasaman Barat, Pemerintah daerah sudah sepakat dan menargetkan 75 persen hingga bulan Januari 2022 mendatang.

Kita Peduli!

"Kita menargetkan vaksinasi di Pasaman Barat 75 persen, hingga bulan Januari mendatang. Di samping program pemerintah, vaksinasi ini merupakan salah satu upaya untuk melawan dan mencegah penyebaran COVID-19," sebutnya

Risnawanto juga mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Pasaman Barat dan Dandim 0305 Pasaman beserta jajaran, yang telah bekerjasama dan mendorong percepatan vaksinasi di Kabupaten Pasaman Barat. Dirinya juga mengapresiasi kepada Pemerintah Nagari Sinuruik dan Kecamatan Talamau beserta masyarakat yang telah bekerjasama dalam mensukseskan program pemerintah.

"Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini, khususnya masyarakat Talamau yang telah ikut berpartisipasi mengikuti dan menyukseskan vaksinasi ini. Semoga kegiatan ini dapat ditiru oleh Nagari dan Kecamatan lainnya yang ada di Pasaman Barat ini," pungkasnya. (018)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2021