Gubernur Sumbar Irwan Prayitno melaksanakan salat Idul Fitri 1441 Hijriah bersama keluarga inti di Rumah Dinas, di tengah pandemi namun hikmah Hari Raya tetap berarti, Minggu (24/5/2020). (Foto: Ist.)


Mereka

Tak Gelar Open House, Begini Suasana Hari Raya Idul Fitri di Kediaman Gubernur

PADANG (SumbarFokus)

"Masa pandemi COVID-19 dan tidak boleh ada kerumunan. Kami mohon maaf tidak menggelar open house pada lebaran tahun ini," demikian ujar Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno, Minggu (24/5/2020).

Suasana hari raya Idul Fitri tahun ini memang beda, karena adanya pandemi COVID-19 yang hingga kini di Sumbar belum reda, ditambah diberlakukannya Pemmbatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), ajang silaturahim yang terjadi saat Lebaran kini memang terasa sangat berbeda.

Namun demikian, ditekankan, hari raya Idul Fitri, meski dalam pandemi, tidak akan berkurang maknanya.


"Ini bukan berarti silaturahmi Kita terputus. Insyaallah silaturrahmi yang merupakan tradisi masyarakat kita secara turun-temurun dapat kita lalukan di lain waktu," ujar Gubernur.

Pemerintah Provinsi Sumbar memang mengimbau keras, agar warga tidak melakukan kegiatan yang menimbulkan kerumunan, yang rentan penyebaran COVID-19.

Oleh karena itu juga, Pemprov meniadakan salat Ied di lapangan, tidak seperti di tahun-tahun biasanya. Gubernur pun menjalankan salat Ied kali ini bersama keluarga inti di Rumah Dinas di Jati baru, Kota Padang. Ini dilakukan juga demi mengikuti protokol kesehatan dan menghindari kerumunan saat pandemi.

Dalam momen itu, para cucu yang aktif tampak dipegang oleh orangtua masing. Bahkan saat salat, para ayah tampak menggendong anak-anak mereka yang masih balita. Namun demikian, suasana khidmat tetap terjaga, dan hikmah hari raya kali ini tetap bisa terasa. (000)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2021