Ahmad Syafii Maarif. (Foto: Ist.)


Nasional

Syafii Maarif Berpulang, Bangsa Indonesia Berduka

YOGYAKARTA (SumbarFokus)

Bangsa Indonesia berduka. Salah satu tokoh bangsa, Ahmad Syafii Maarif atau yang kerap disapa Buya Syafii Maarif, meninggal usia 86 tahun, Jumat (27/5/2022), pukul 10.15 WIB di RS PKU Muhammadiyah Gamping, Yogyakarta.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nasir, menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya Ahmad Syafii Maarif.

“Semoga beliau husnul khatimah, diterima amal ibadahnya, diampuni kesalahannya, dilapangkan di kuburnya, dan ditempatkan di jannatun na’im. Mohon dimaafkan kesalahan beliau dan doa dari semuanya,” tutur Haedar.


Syafii Maarif akan disemayamkan di Masjid Gede Yogyakarta. Kemudian, pemakaman akan dilakukan di Pemakaman Khusnul Khotimah milik Muhammadiyah yang berlokasi di Dusun Donomulyo, Kapanewon Nanggulan, Kabupaten Kulonprogo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Syafii Maarif pernah menjabat sebagai Ketua Umum PP Muhammadiyah pada periode 1998 hingga 2005.

Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo turut berbelasungkawa atas meninggalnya Syafii Maarif.

“Innalillahi wa inna ilaihi rajiun, hari ini, pukul 10.15 WIB, Buya Prof. Dr. H. Ahmad Syafii Maarif, tokoh bangsa yang kita cintai, wafat di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gamping, Yogyakarta,” tutur Presiden, dikutip dalam laman media sosialnya, Jumat (27/5/2022).

Presiden menuturkan, dua bulan lalu sempat datang menjenguk Syafii Maarif di kediamannya di Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

“Saat itu beliau baru keluar dari rumah sakit seusai perawatan selama beberapa hari. Beliau sudah sehat dan terlihat bugar. Itulah pertemuan terakhir saya dengan Buya Syafii,” kata Presiden.


“Atas nama pemerintah, rakyat Indonesia, saya menyampaikan belasungkawa yang dalam atas berpulangnya Buya Syafii. Semoga segala amal ibadah almarhum diterima oleh Allah SWT, diampuni kesalahannya, dan segenap keluarga yang ditinggalkan sabar dan tabah,” ungkapnya.

Dalam ungkapan tersebut, Presiden juga tak lupa mengucapkan selamat jalan pada salah satu ‘guru bangsa’ ini. (000)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2021




      nasional