Gubernur Sumbar Irwan Prayitno. (Foto: Ist.)


Pendidikan

Sumbar Tak Masuk Zona Hijau, Belajar di Sekolah Kemungkinan Januari 2021

PAYAKUMBUH (SumbarFokus)

Akan ada kemungkinan pelaksanaan proses belajar-mengajar di sekolah di Sumatera Barat (Sumbar) baru bisa berlangsung pada Januari 2021. Ini karena berdasarkan definisi dari Kementerian Pendidikan RI, Sumbar berarti tidak masuk dalam daerah zona hijau, karena yang zona hijau berdasarkan keputusan Menteri Pendidikan adalah daerah yang sama sekali belum pernah mencatatkan kasus positif COVID-19. Sedangkan daerah yang boleh menggelar kegiatan belajar-mengajar di sekolah hanyalah daerah yang berzona hijau.

Hal ini disampaikan oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Rabu (17/6/2020).

"Kemungkinan (sekolah) akan dilaksanakan Januari tahun depan, tapi keputusannya akan tergantung pada rapat dengan kabupaten/kota pada awal Juli," katanya di Payakumbuh.


Menurut Gubernur, bagi Sumbar, sebenarnya, sudah merupakan satu prestasi dengan saat ini masuk dalam kelompok zoba oranye, mengingat sebelumnya Sumbar adalah daerah yang ditandai sebagai zona merah, terkait kasus COVID-19.

Namun demikian, tetap masih ada kemungkinan untuk kembali ke sekolah pada pertengahan Juli atau awal tahun ajaran baru ketika memang kurva penambahan kasus positif di Sumbar menurun.

Dikonfirmasi terpisah, beberapa orangtua atau walimurid mengaku memang cukup khawatir jika anak-anak mereka harus datang ke sekolah untuk kegiatan belajar-mengajar karena kasus COVID-19 masih ada di Sumbar.

Seperti disebutkan Tari (40), meskipun sang anak sudah duduk di bangku SMA, namun kekhawatiran tetap ada di dirinya jika harus melepas anak pergi belajar  ke sekolah.

Senada, Vivi (35), merasakan hal yang sama terhadap anaknya yang masih duduk di bangku sekolah dasar.

“Iya saya cemas. Tapi bingung juga, kalau kelamaan begini, bagaimana nasib pendidikan anak. Bisa tidak berkembang. Tapi kalau dia ke sekolah, saya takut juga,” ujar Vivi. (002)

Kita Peduli!

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018