Kadispora Sumbar Adib Alfikri mengalungkan medali kepada atlet Sumbar peraih emas.


Olahraga

Sumbar Peringkat Tiga Nasional Pornas SOIna

PADANG (SumbarFokus)

Kontingen Sumatera Barat (Sumbar) berhasil meraih peringkat tiga besar nasional pada Pekan Olahraga Nasional (Pornas) VIII SOIna 2018 di Pekanbaru, Riau, dengan meraih 36 medali, yang terdiri dari 15 emas, 11 perak dan 10 perunggu.

Sedangkan juara umum berhasil diraih tim tuan rumah Pekanbaru, Riau dengan mengoleksi 52 medali, di susul peringkat dua diraih DKI Jakarta dengan mengumpulkan 41 medali, terdiri dari 17 emas, 10 perak dan 14 perunggu.

Sementara, peringkat empat diraih Jawa Barat dengan meraih 38 medali, terdiri dari 13 emas, 13 perak dan 12 perunggu peringkat lima ditempati Jawa Tengah dengan meraih 31 medali yang terdiri dari 11 emas, 9 perak dan 11 perunggu.


Berhasilnya Sumbar meraih 3 besar nasional disambut baik Kadispora Sumbar, Adib Alfikri yang juga ketua kontingen Sumbar, di iven olahraga bagi atlet berkebutuhan khusus empat tahunan tersebut.

"Kita sangat bersyukur Sumbar bisa meraih 3 besar nasional pada Pornas VIII SOIna 2018," ujar Kadispora Sumbar Adib Alfikri kepada wartawan, Senin (23/7).

Prestasi yang diraih itu kata Adib tidak lepas dari kerja keras atlet dan pelatih saat menjalani latihan. "Oleh karena itu saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh atlet Sumbar," ucap Adib.

Sementara itu Kabid Olahraga Sumbar, Rasydi Sumetri mengatakan, 36 medali yang disumbangkan oleh kontingen Sumbar tersebut terdiri dari Cabor renang kategori law ability atas nama Rey Febrian emas 25 m gaya bebas putra, Atikah maharani emas 25 m gaya bebas putri, kategori high ability, Meliana Ratih emas 100 m dan 50 m gaya bebas putri, Refel Andre emas 100 m dan 50 m gaya bebas putra, Nadila emas 50 m gaya dada putri, Dika Putra perak 50 m gaya dada putra dan perunggu 50 m gaya bebas putra.

“Sementara untuk cabor bocee ketegori low ability Sumbar meraih 2 emas, 1 perak dan 1 perunggu yang dipersembahkan oleh, Asmi emas tunggal putra, Sarah Fadila emas tunggal Putri, Rasyid Syidiq perak tunggal putra dan Dwi Nanda Larassati perunggu tunggal putri,” ujar Rasydi.

Dia menambahkan, bola voli juga mempersembahkan emas beregu putra, boling dan basket masing-masing mempersembahkan perak, boling dipersembahkan oleh Jesrial di tunggal putra dan basket beregu putra.

Dilanjutkan dengan atletik Sumbar berhasil meraih perak dan perunggu masing-masing dipersembahkan oleh Puja Olivia Rahmi lari 100 m putri, sementara perunggu diraih oleh Zulfadli di lari 100 m putra.

“Alhamdulillah ini merupakan prestasi yang luar biasa bagi kontingen Sumbar, karena pada iven sebelumnya di makassar Sumbar tidak masuk di 10 besar nasional, kita patut bersyukur dan terimakasih kepada atlet dan pelatih yang telah berlatih dengan tekun,” pungkasnya. (010)

 

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




      sumbar