Persiapan Festival Pesona Mentawai di Home Stay Mapadegat. (Foto: Hendrianto L Raja)


Pariwisata

Siap-siap! Festival Pesona Mentawai 2019 Kembali Digelar

KEPULAUAN MENTAWAI (SumbarFokus)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar), melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Disparpora) daerah setempat kembali menggelar perhelatan akbar Festival Pesona Mentawai 2019. Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Materus Samalinggai menyebutkan, kegiatan yang bertujuan untuk pemberdayaan  masyarakat dalam mencintai budayanya  sendiri ini akakn digelar di Pelataran Dermaga Tuapeijat, 28 Juni-1 Juli 2019.

"Ya. Tahun ini kita akan gelar di Pelabuhan Tuapeijat. Tujuannya agar acara ini bisa dinikmati oleh masyarakat secara luas, termasuk upaya pemberdayaan masyarakat untuk terlibat langsung dalam festival ini,” Kata Mateus di Mapadeggat, Selasa (26/06/2019).

Festival yang sangat bergengsi di Bumi Sikerei ini nantinya menampilkan berbagai aktraksi seni dan budaya Mentawai seperti atraksi perlombaan pameran produk-produk seni khas Mentawai, perlombaan panahan tradisional, pameran produk-produk seni khas Mentawai, dan berbagai persembahan seni tradisional khas Mentawai lainnya.


"Sebenarnya, pada tahun ini tadinya tidak bisa dilaksanakan karena minimnya anggaran yang tersedia. Namun Kita terus melakukan upaya agar kegiatan sebagai media promosi budaya dan alam Mentawai ini bisa kembali digelar. Ini merupakan upaya kita meskipun anggaran minim di APBD 2019,," ungkap Mateus.

Ditambahkan, kegiatan yang digelar tiap tahun ini merupakan media untuk mempromosikan Kepulauan Mentawai sebagai destinasi wisata bahari terbaik dunia dengan berbagai keunggulan dan keunikan alam dan budayanya. Penyelenggaraan Festival Pesona Mentawai, sebutnya, juga sebagai ajang untuk memperkenalkan potensi dan kekayaan alam serta budaya masyarakat Bumi Sikerei kepada wisatawan agar masyarakat setempat memiliki jiwa wirausaha  dan ramah  dalam menyambut dan melayani tamu darii luar negeri maupun luar Mentawai lokal.

Festival Pesona Mentawai ini juga bertujuan untuk mempertahankan orisinalitas entitas kebudayaan maupun alam secara berkelanjutan serta upaya mengantisipasi pergeseran oleh transformasi dan peradaban sosial di zaman Melenial ini.

"Entitas kebudayaan dapat berakar kuat menjadi landasan kehidupan masyarakat Mentawai di masa depan," tuturnya.

Ia berharap, selain menggenjot kunjungan wisatawan ke Tuapeijat dan Kawasan Mentawai lainnya, melalui festival ini, budaya dan alam Bumi Sikerei bisa lebih terkenal di penjuru dunia. (017)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *