Petugas Dinas Perhubungan Kota Padang melakukan penggembokan pada mobil pengendara yang melanggar aturan. (Foto: Fajar)


Lain-lain

Siap dengan Sanksi Gembok dan Derek? Silahkan Parkir Sembarangan di Padang

PADANG (SumbarFokus)

Ditunggu terlebih dahulu sekitar 15 menit. Jika pemilik kendaraan datang dalam waktu 15 menit, tindakan yang diberlakukan hanya berupa penilangan. Tapi jika pemilik kendaraan tidak juga datang dalam waktu yang telah ditentukan sesuai aturan, tidak main-main, kendaraan yang parkir liar akan digembok, kemudian diderek dan dikenai biaya penderekan sebesar Rp300 ribu.

Demikian kira-kira Standard Operational Procedure (SOP) razia parkir liar yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), bekerjasama dengan jajaran Polresta Kota Padang. Seperti yang digelar pada Selasa (18/2/2020), razia digelar di kawasan Jalan Khatib Sulaiman, Perintis Kemerdekaan,  sampai ke Jalan Proklamasi Tarandam, Padang.

Ketua Kepala Bidang Operasional dan Keselamatan (Kabid) Dishub Kota Padang Mexral mengatakan, kegiatan ini tidak terlapas dari pengaduan masyarakat yang mengeluh sering terjadi kemacetan di jalan tersebut.


Alhasil, didapati beberapa kendaraan yang parkir sembarangan dalam razia tersebut.

"Kita melakukan penilangan dan penderekan bagi pengendara yang terbukti melakukan pelanggaran di jalan tersebut," ujar Mexral.

Salah seorang sopir mobil Puskesmas Anak Air, yang berkunjung ke RSUP M. Djamil, Nopriwandi,  yang terjaring dalam razia ini, mengatakan bahwa dia parkir secara sembarangan karena merasa di dalam mobil panas dan mencari tempat parkir susah.

"Di dalam panas, jadi saya parkir di sini. Saya tidak tau kalau di sini dilarang parkir karena saya bukan dinas di sini," aku Nopriwandi.

Berdasarkan pantauan, walaupun larangan parkir sudah banyak dipasang sepanjang jalan tersebut, namun tampak masih ada kendaraannya yang berani parkir di titik tersebut.

Dari razia, dua kendaraan didapati harus diderek, dan lima kendaraan ditilang.

"Bagi kendaraan yang diderek, bisa dijemput ke Kantor Dinas Perhubungan Kota Padang," kata Mexral.  

Dalam kesempatan tersebut, Mexral juga mengimbau masyarakat untuk peduli terhadap keselamatan dan kenyamanan untuk pengguna jalan. Salah satu caranya adalah dengan tidak melakukan parkir di sembarang tempat atau parkir liar. (005)

 

 

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018