Penyerahan Sembako oleh GM PLN UIW Sumbar Bambang Dwiyanto, Kamis (2/5/2019). (Foto: Mimi)


Ekonomi

Seribu Paket Sembako untuk Kaum Dhuafa Disalurkan PLN Sumbar

PADANG (SumbarFokus)

Seribu paket bahan pokok makanan dibagikan oleh PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Barat (Sumbar) kepada kaum dhuafa. Penyaluran bahan pokok ini merupakan kegiatan dalam rangka menyambut Ramadan, dalam kerangka tema kegiatan Kebaikan untuk Sejuta Keberkahan. Kegiatan yang berlangsung di Lapangan Tenis Indoor PLN UIW Sumbar pada Kamis (2/4/2019) ini dihadiri langsung oleh General Manager (GM) PLN Sumbar Bambang Dwiyanto, jajaran-jajaran PLN, dan para kaum dhuafa penerima manfaat. 

“Ini sebenarnya program pengumpulan zakat pegawai, yang disalurkan oleh YBM (red-Yayasan Baitul Mall) PLN. Tahun ini dselenggarakan secara serentak, di Padang sebanyak  500 unit paket sembako, PLN Unit Pusat Pelayanan (UP3) Bukittinggi sebnyak 200 paket, UP3 Splok 150 paket dan UP3 Payakumbuh 150 Paket ,” ungkap Bambang.

Disebutkan juga, penyaluran seribu sembako merupakan buah dari potongan penghasilan pegawai PLN yang beragama muslim sebnyak 2,5%, yang berarti sesuai dengan ketentuan Syariah Islam.

Iklan Dalam Berita

“Jadi ini sebenarnya bukan bantuan tetapi penyaluran zakat PLN,  kita menyalurkan dana infaq atau zakat penghasilan  pengawai PLN,  yang menjadi hak mereka kaum dhuafa,” kata Bambang.

Bambang berharap, bahan  sembako yang telah disalurkan menjadi bermanfaat bagi saudara kaum dhuafa khususnya dalam menyambut bulan Ramadan

Bahan pokok yang disalurkan, dijelaskan, terdiri dari beras sepuluh kg, gula pasir, susu kental manis, mie telur dan minyak goreng.

"Jadi kita semua bisa tenang, sebab sudah ada sembako untuk memenuhi kebutuhan sahur dan berbuka puasa nanti. Mudah-mudahan ke depan lebih luas lagi jangkauan kita dalam berbagi Seribu Sembako,” ujarnya. 

Tibanya umat Islam di Ramadan 1440 Hijriyah, disebutkan Bambang, merupakan salah satu momentum perubahan untuk meningkatkan keandalan sistem kelistrikan di Sumbar untuk lebih baik lagi. Kinerja petugas PLN Sumbar sendiri, ditegaskan, tidak akan terpengaruh di bulan puasa. Meskipun harus menjalani puasa, para petugas PLN dipastikan tetap on 24 jam.

"Justeru di bulan puasa ditingkatkan pelayanan," Bambang menekankan.

Dalam kesempatan kegiatan penyaluran bahan pokok untuk dhuafa ini, GM Bambang juga melakukan video conference dengan unit PLN di daerah lain yang juga melakukan penyaluran bahan pokok makanan.

Untuk masyarakat dapat menjalani ibadah puasa dengan tenang, GM menyebutkan bahwa PLN tidak ingin umat islam terganggu selama menjalankan ibadah di bulan Ramadan. Karena itu, PLN  Sumbar sudah bersiap dengan adanya tim pelayanan tekhnik (Yantek) yang bertugas sehari-hari melayani keluhan pelanggan terhadap gangguan listrik.

“Kemudian ada tim Contact Center 123. Ketika ada keluhan gangguan listrik, itu bisa ke Contact Center 123, lalu Contact Center  123 memberikan order ke unit terkait dimana laporan pelanggan tersebut berada. Setelah itu tim lapangan bergerak untuk mendatangi rumah dari pelanggan yang punya keluhan listrik tersebut. Kita jaga supaya umat islam dapat menjalankan ibadahnya dengan khusyuk. Kita pasok listrik secara cukup untuk memenuhi kebutuhan saat menjalankan rangkaian ibadah lainnya pada bulan Ramadan,” tegas Bambang. (013)

 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

 

 

 

 

 

 

 

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *