Koordinator Sekretariat Bawaslu Agam Yuli Zamra diruang kerjanya, Senin (22/4/2019). (Foto: Anizur)


Politik

Sepuluh TPS di Agam Dapat Rekomendasi PSU

Agam (SumbarFokus)

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Agam, Sumatera Barat merekomendasikan Pemungutan Suara Ulang ( PSU) 10 TPS di enam kecamatan di Kabupaten Agam. Ini disampaikan Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Agam Okta Mulia, didampingi Koordinator Sekretariat Yuli Zamra di ruang kerjanya, Senin (22/4/2019).

Dijelaskan, rekomendasi PSU ini didasarkan atas temuan di hari pencoblosan di sepuluh TPS di antaranya dua TPS di Kecamatan Lubuk Basung, satu TPS di Kecamatan Tanjung Mutiara, dan satu TPS di Kecamatan Tanjung Raya. Sisanya, empat TPS di Kecamatan Ampek Nagari, satu TPS di Kecamatan Palembayan, serta satu lagi di Kecamatan Malalak.

Kasus yang ditemukan rata-rata adanya pemilih yang tidak berhak memilih di TPS tersebut ikut melakukan pemilihan. Pada putusan MK, bahwa pemilih yang menggunakan hak pilih dapat menggunakan KTP dengan syarat sesuai alamat atau domisili.


“Jelas PSU ini harus dilakukan lantaran ada pemilih yang tidak masuk ke dalam DPT maupun DPTb memilih menggunakan KTP tetapi bukan berasal dari alamat setempat, sesuai dengan KTP. Karena itulah pemilih tersebut dianggap tidak memiliki hak untuk mencoblos di TPS dimaksud,” ujarnya.

Disebutkan, ini berdasarkan Pasal 372 Ayat 2 Huruf d Undang-undang No 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

“Rekomendasi ini atas dasar penelitian dan pemeriksaan terhadap pengawas pemilu di nagari atau TPS setempat. Atas temuan maka kita merekomendasikan pemungutan suara ulang di sepuluh TPS di enam kecamatan,“ ujar Okta.

Ditemui SumbarFokus, pihak Komisioner KPU Agam Zainal Abadi membenarkan rekomendasi Bawaslu Agam tersebut. Disebutkan pihaknya langsung menindaklanjuti rekomendasi bawaslu dan telah memutuskan dilaksananya PSU di 10 TPS di Agam.

“Untuk jadwal PSU nanti, paling lambat 10 hari setelah Pemilu artinya bakal dilangsungkan 27 April 2019,” sebut Zainal.

Berdasarkan ini, pihaknya akan berupaya mengundang kembali para pemilih terdaftar agar mau datang ke TPS dan mencoblos lagi.

“Kami pun optimis masyarakat bisa datang kembali mencoblos," pungkas dia. (007)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




      agam