Pertandingan final sepakbola SEA Games 2019 antara Indonesia vs Vietnam, Selasa malam (10/12/2019). (Foto: Ist.)


Olahraga

Sepakbola SEA Games 2019, Indonesia Harus Puas Raih Perak Setelah Dibungkam Vietnam 0-3

MANILA (SumbarFokus)

Indonesia memperpanjang puasa gelar juara pada cabang olahraga sepakbola di ajang SEA Games setelah dikalahkan Vietnam pada laga final dengan skor 0-3, di Rizal Memorial Stadium, Selasa malam (10/12/2019). 

Lawan pakai permainan keras namun tak ada tindakan wasit. Permainan keras Vietnam itu berhasil mencegah anak-anak Indonesia mengembangkan permainan pendek kaki ke kaki. Sebagai hasilnya, sejak awal babak kedua Garuda Muda terpaksa memainkan umpan panjang ke dalam kotak penalti lawan yang tidak efektif.

Permainan dimulai dengan inisiatif oleh Garuda Muda. Baru menit kelima tendangan bebas oleh Zulfiandi berhasil on target dan memaksa kiper Nguyen Van Toan bekerja keras menepisnya. Tapi sejak saat itu permainan lebih banyak berkutat di bagian tengah lapangan.


Dan benar saja, permainan keras tim lawan yang mengenakan seragam putih-putih memakan korban Evan Dimas pada menit 20. Adegan ulang di televisi memperlihatkan kakinya diinjak Doan Van Hau. Sayangnya, adegan ini tak terlihat oleh wasit. 

Pelatih Indra Sjafri segera memasukkan Syahrian Abimanyu menggantikan Evan Dimas setelah selama lima menit Indonesia bermain dengan 10 orang saja. 

Sekitar lima menit setelah Abimanyu masuk, satu pelanggaran kembali dilakukan timnas Vietnam. Pemain mereka menyikut Saddil Ramdani tapi wasit lagi-lagi diam saja. 

Pada menit 41 Indonesia akhirnya kebobolan oleh gol tendangan bebas Hung Dung Do yang disambar sundulan kepala Doan Van Hau.

Pada menit 58 saat tengah berusaha menyamakan skor, Indonesia malah kebobolan satu gol lagi. Satu umpan lambung dari sisi kanan kotak berhasil dihadang tapi bola melambung liar dan disambar pemain nomor 18 Vietnam, Hung Dung Ho. Skor 0-2 untuk keunggulan Vietnam.

Menit 72 Indonesia kebobolan untuk ketiga kalinya. Gol berawal dari tendangan bebas yang berhasil ditepis kiper Nadeo Argawinata tapi bola malah mengarah ke depan Doan Van Hau yang langsung menghabisi si bundar dengan tendangan keras.

Kita Peduli!

Menit 74 pemain Vietnam Ho Tan Tai lagi-lagi memamerkan sikutan ke dada Osvaldo Haay saat keduanya berebut bola jelang garis akhir lapangan. Reaksi wasit sudah bisa ditebak, hanya diam tanpa mengambil tindakan.

Peluang emas terbaik Indonesia datang pada menit 80 saat Egy Maulana Vikri menyambar bola liar yang memantul di dalam kotak penalti lawan namun tendangannya berhasil diblokir kiper lawan. 

Tidak ada gol lagi dengan dua menit extra time. Indonesia vs Vietnam usai 0-3. Indonesia kembali kehilangan medali emas sepakbola SEA Games 2019. (000)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018