Pertandingan Timnas Indonesia U-23 vs Vietnam U-23, Minggu (1/12/2019). (Foto: Ist)


Olahraga

Sepakbola SEA Games 2019, "Garuda Muda" Takluk dari Vietnam

MANILA (SumbarFokus)

Timnas Indonesia U-23 yang berlaga di SEA Games 2019 harus menyerah kalah dari Vietnam dengan skor 1-2, dalam matchday IV sepakbola pria SEA Games 2019, di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Minggu malam (1/12/2019). 

Meski unggul terlebih dahulu melalui gol Sani Rizki di babak pertama, namun Vietnam berhasil membalikkan keunggulan di babak kedua melalui gol Do Thanh Thinh dan gol telat dari Nguyen Hoang Duc.

Pertandingan berjalan panas semenjak menit pertama. Kedua kesebelasan memainkan tempo lambat namun sedikit kasar. Saling jegal antara kedua tim berbuah kartu kuning pertama bagi Tnanh Chung yang ‘menerkam’ Irkham Mila.


Vietnam sebenarnya lebih mendominasi penguasaan bola dan kerap merepotkan pertahanan Indonesia. Skuad asuhan Indra Syafri tampak kesulitan mengembangkan permainan mereka.

Kiper Nadeo Argawinata adalah kiper yang tepat. Ia berhasil beberapa kali mementahkan tembakan pemain Vietnam sepanjang babak pertama.

Sebaliknya, kiper Vietnam Bui Tien Dung melakukan blunder konyol dengan gagal menangkap crossing yang dilepaskan Asnawi Mangkualam. Bola mengarah langsung ke mulut gawang dan kiper Tien Dung menangkap bola, namun bola lepas dari tangannya, memantul mengenai mistar gawang dan datanglah Sani Rizki yang langsung menghajar bola masuk ke dalam gawang! Skor 1-0, Indonesia unggul di menit ke-22.

Vietnam yang tertinggal berusaha mengejar dan menyamakan kedudukan. Beberapa serangan cukup berbahaya dan kerap membuat lini belakang ‘Garuda Muda’ kewalahan. Namun penampilan bagus Nadeo Argawinata yang juga kiper Borneo FC itu mampu menjaga gawang Indonesia tetap bersih hingga waktu turun minum.

Di babak kedua tak berbeda jauh. Vietnam mengurung pertahanan Indonesia dan terus menekan untuk menyamakan kedudukan, cukup mengkhawatirkan! Skuad Indonesia U-23 lebih banyak bertahan dan hanya sesekali mengandalkan serangan balik.

Akhirnya jebol juga gawang Nadeo Argawinata. Di menit ke-64. Sebuah sepak pojok dikirimkan oleh Do Hung Dung dan diarahkan ke dalam kotak penalti. Do Thanh Thinh menyambut bola dengan sundulan diarahkan ke tiang jauh yang tak mampu digapai Nadeo. Skor pun imbang 1-1 antara Vietnam vs Indonesia.

Terjadi pertengkaran di menit ke-70 ketika Nguyen Tien Linh berebut bola dengan Rachmat Irianto, berakhir dengan toyoran ke kepala Rachmat hingga tersungkur. Asnawi Mangkualam datang merebut bola namun kembali perlakuan kasar diperagakan oleh Tien Linh dan berakhir ribut. Sayangnya tak ada kartu yang dikeluarkan wasit untuk pemain Vietnam. Ada apa?

Vietnam terus menekan dan beberapa serangannya cukup berbahaya. Skuad Indonesia benar-benar hanya berharap dapat mempertahankan hasil imbang. Pemain Vietnam mulai tampak kekelahan di lima menit terakhir, sementara skuad Indra Sjafri menerapkan pertahanan catenaccio ala klub Italia.

Namun akhirnya sungguh menyesakkan! Gawang Indonesia kebobolan oleh tendangan jarak jauh dari Nguyen Hoang Duc pada menit 90+2. Tendangan keras dari luar kotak penalti yang mengarah ke kiri atas gawang Indonesia gagal digapai oleh kiper Nadeo. Skor 2-1 untuk keunggulan Vietnam!

Gawang Indonesia kembali nyaris kebobolan satu menit kemudian kala Tien Linh lolos dari penjagaan Bagas Adi Nugroho. Ia mencuri bola dan melepaskan tembakan yang melambung tipis saja di atas gawang Indonesia.

Dan setelah lima menit injury time yang terasa seperti selamanya, wasit pun akhirnya mengakhiri pertandingan. Laga Vietnam vs Indonesia ditutup dengan skor akhir 2-1, kekalahan pertama skuad Garuda Muda di ajang SEA Games 2019.

Dengan kekalahan ini Indonesa berada di peringkat tiga dengan 6 poin, sedangkan Thailand di posisi kedua juga dengan 6 poin namun unggul selisih gol dari Indonesia. Sementara Vietnam kokoh di puncak klasemen dengan hasil sempurna 9 poin.

Selanjutnya Garuda Muda akan menghadapi Brunei Darussalam pada Selasa (3/12/2019) pukul 19.00 WIB dan laga terakhir kontra Laos Kamis (5/12/2019) pukul 15.00 WIB. 

Susunan Pemain Timnas Indonesia U-23

Nadeo Argawinata, Andy Setyo (C), Bagas Adi, Asnawi Mangkualam, Alekvan Djin, Rachmat Irianto, Zulfiandi, Sani Rizki, Irkham Mila, Saddil Ramdani, Osvaldo Haay. (000)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




      bolasea-games