Pertandingan Timnas Indonesia U23 vs Brunei Darussalam U23, Selasa malam (3/12/2019). (Foto: Ist.)


Olahraga

Sepakbola SEA Games 2019, "Garuda Muda" Beri Malam yang Kelam bagi Brunei Darussalam

MANILA (SumbarFokus)

Timnas Indonesia U-23 menang 8-0 pada Selasa (3/12/2019) malam yang kelam bagi Brunei Darussalam. Hasil ini membuat Indonesia sukses menggusur Thailand dari urutan kedua Grup B sepakbola pria SEA Games 2019.

Brunei yang bermain lepas terlihat ingin mengganjal ambisi Indonesia untuk menang besar delapan gol tanpa balas pada laga keempat grup B di Binan Stadium, Manila, Filipina. 

Kemenangan delapan gol tanpa balas dibutuhkan timnas Garuda guna menggusur Thailand dari posisi kedua klasemen.


Sebelum kick-off pertandingan Indonesia vs Brunei ini dimulai, Vietnam dan Thailand mengisi dua posisi teratas Grup B. Hanya dua posisi teratas yang akan lolos ke babak selanjutnya. 

Sebenarnya Indonesia mengharapkan tim Gajah Putih setidaknya bermain imbang lawan Laos pada Selasa sore (3/12/2019), tapi Thailand malah menyelesaikan laga keempat itu dengan kemenangan 2-0 atas Laos. Sehingga, peluang Indonesia untuk lolos cukup sulit, kecuali bisa menang besar atas Brunei Darussalam. 

Pada babak pertama Indonesia secara umum terlihat kesulitan menerobos lini belakang Brunei. Padahal negara Asia Tenggara ini adalah tim yang menduduki urutan paling bawah pada klasemen Grup B, nol poin dengan nihil memasukkan dan kebobolan 16.

Anak-anak Garuda Muda sudah menekan gas dalam-dalam sejak menit pertama dan dari sebuah terobosan di sisi sayap. Saddil Ramdani memberi sebuah assist silang mendatar ke yang disambar oleh Osvaldo Haay. Skor 1-0 untuk Indonesia.

Baru pada menit 40 Indonesia menggandakan keunggulan melalui Egy Maulana Vikri setelah ia menerima umpan tumit dari Saddil Ramdani. Sebuah gol yang cerdik. 

Osvaldo Haay menecetak gol ketiga pada masa injury time babak pertama. Sebuah bola umpan terobosan dikirimkan ke dalam kotak dan Haay mencongkel si bundar melewati kiper Brunei. Skor 3-0.

Cuaca buruk mewarnai pertandingan ini dengan bola-bola panjang sampai di tempat yang tidak diinginkan karena intervensi alam. 

Selang lima menit saja babak kedua dimulai Osvaldo Haay dengan posisi nyaris terjatuh di batas akhir lapangan mengirim umpan silang ke depan gawang yang disepak dengan keras oleh Saddil Ramdani. Skor 4-0. Masih butuh empat gol lagi untuk mendepak Thailand.

Ketika anak-anak Garuda Muda sibuk mengirim bola-bola panjang yang dikacaukan arahnya oleh angin kencang di Binan Stadium, terjadi gol kelima oleh pemain pengganti Witan Sulaiman. Ia menyambar umpan lambung dari Egy Maulana Vikri.

Papan skor berubah menjadi 6-0 setelah Osvaldo Haay menerima bola di batas kotak sebelum mengirim bola ke sudut gawang. Hattrick! Ini merupakan gol kelima Haay dengan dua gol dicetak masing-masing melawan Thailand dan Singapura. 

Sisa dua gol lagi harus dikejar!

Kapten Andy Setyo Nugroho mencatatkan gol ketujuh guna menyamai catatan selisih gol Thailand di menit 77. Masih sisa 13 menit untuk mencetak satu atau dua gol lagi guna menggusur Gajah Putih dari posisi kedua klasemen Grup B.

Menit 79 Egy memastikan Indonesia mengisi posisi kedua klasemen Grup B dengan gol kaki kanan menyepak bola dari sudut yang cukup sulit. Indonesia menang 8-0 seusai target yang diinginkan. 

Susunan Pemian Indonesia vs Brunei Darussalam

Indonesia: Muhammad Riyandi, Asnawi Mangkualam, Andy Setyo Nugroho, Nurhidayat Haji Haris, Bagas Adi Nugroho, Zulfiandi, Evan Dimas Darmono, Syahrian Abimanyu, Egy Maulana Vikri, Saddil Ramdani, Osvaldo Haay.

Brunei Darussalam: Haime Nyaring, Muhammad Wafi Aminuddin, Muhammad Nur Asyraf, Muhammad Nur Ikhmal, Faiq Jefri Bolkiah, Miuhammad Hanif Farhan, Haziq Kasyful Azim, Muhammad Rahimin, Mohammad Amin, Mohammad Hanif Aiman, Adi Bin Said. (000)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018