51 orang yang terlibat dalam perjalanan kapal Ambu-ambu Padang-Sikakap, harus menjalani isolasi karenasalah seorang di antaranya diketahui berstatus ODP. (Foto: Ist.)


Peristiwa

Seorang Penumpang Kapal Diketahui ODP setelah Kapal Berangkat, 51 Orang Akhirnya Harus Diisolasi

PADANG (SumbarFokus)

Berangkat dari Padang, Sumatera Barat (Sumbar), sekitar pukul 10.00 WIB, siangnya baru diketahui bahwa seorang polisi yang menumpang di kapal ambu-ambu yang akan berangkat ke Sikakap, Kepulauan Mentawai, berstatus Orang dalam Pemantauan (ODP). Kejadian di Selasa (19/5/2020) itu membuat pihak pelabuhan di Sikakap menyuruh kapal balik kanan ke Padang. Akhirnya, 51 orang yang terlibat dalam perjalanan kapal tersebut sekarang harus menjalani isolasi di Padang. 

Hal ini disampaikan oleh Koordinator Satgas COVID-19 Matra Laut Sumbar, yang juga Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumbar Yosmeri, Kamis (22/5/2020), pada SumbarFokus.

"Dia ini seorang polisi, tadinya tidak tahu bahwa dirinya ODP, karena hasil pemeriksaan swab teman sekamarnya yang kemudian dipastikan positif COVID-19 tersebut keluar baru siang, setelah kapal berangkat. Yang memberi tahu Kapolres Kepulauan Mentawai langsung, begitu hasil tes keluar siang," ungkap Yosmeri.


Begitu kapal tiba di Sikakap, petugas meminta kapal kembali ke Padang, kata Yosmeri, dan sampai di padang, seluruh yang ada di kapal ditetapkan untuk menjalani isolasi dan uji swab.

Yosmeri juga menyebutkan, polisi ODP ini sebenarnya sedang dalam bertugas dan perjalanan pulang ke Sikakap. 

"Sekarang, 51 orang diisolasi di Diklat Kemenag Padang Baru. Mereka terdiri dari kru kapal, polisi dari Polsek Sikakap,  anggota Kamla Sikakap, kepala pelabuhan, dan sopir truk carteran PLN," terang Yosmeri. 

Kapal ambu-ambu dalam kejadian ini, disebutkan Yosmeri, telah disemprot disinfektan, untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.

"Kapal mulai besok sampai tanggal 26 tidak jalan lagi. Setelah tanggal 26 baru boleh jalan. Ini karena cuaca buruk," imbuh Yosmeri.

Ditegaskan, pihaknya akan melakukan pemeriksaan lebih ketat lagi. (003)

Kita Peduli!

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018