Suasana sidang perdana sengketa informasi publik antara termohon dari Kejaksaan Tinggi Sumbar dengan Alexander di ruang sidang KI Sumbar beberapa waktu lalu. (Foto: Ist.)


Lain-lain

Sengketa Informasi Kejati Sumbar dengan Publik Berakhir Damai

PADANG (SumbarFokus)

Mediator yang juga Komisioner Komisi Informasi (KI) Sumbar Arif Yumardi berhasil mendamaikan sengketa informasi publik lewat forum mediasi di Ruang Sidang Mediasi KI Sumbar, Rabu (27/11/2019).

"Ya, dalam sengketa informasi publik antara badan publik Kejaksaan Tinggi Sumbar sebagai termohon dengan Alexander selaku pemohon teregister dengan nomor 17/X/KISB-PS/2019 para pihak sepakat damai," ujar Arif Yumardi dalan keterangan tertulis PPID KI Sumbar yang diterima SumbarFokus.

Menurut Arif para pihak yang terlibat dalam perkara itu punya kesamaan presepsi terkait keterbukaan informasi publik. 


"Sehingga pihak termohon bersedia memberikan informasi publik terkait tindak lanjut laporan dugaan kasus korupsi kepada pemohon. Putusan mediasi ini minggu depan dibacakan oleh Majelis Komisioner KI Sumbar," ujar Arif Yumardi.

Mediasi, menurut Arif, merupakan rangkaian proses penyelesaian sengketa informasi publik.

"Berdasarkan Perki 1 tahun 2013 tentang prosedur penyelesaian sengketa informasi publik, mediasi adalah hak para pihak terkait dalam sengketa informasi publik dengan kategori informasi dikecualikan. Tapi kalau badan publik kukuh informasi dikecualikan maka ruang mediasi tertutup rapat dan sidang berlanjut ke ajudikasi," papar Arif.

Mediasi merupakan upaya mempercepat penyelesaian sengketa informasi publik dengan prinsip win-win solution, tidak mencari menang dan kalah.

"Keuntungan penyelesaian lewat mediasi, kesepakatan damai itu final dan mengikat.  Kalau janji damai diingkari maka ada ranah hukum lain yang bisa ditempuh oleh para pihak yang telah bersepakat damai tadi," terangnya.

Sejak Februari hingga akhir November 2019 ini, KI Sumbar menerima 20 permohonan sengketa informasi publik.

"Dari 20 permohonan 19 diregister, satu tidak diregister karena tidak terpenuhi syarat formil permohonan. Untuk putusan mediasi, ada empat register sengketa lain yang diselesaikan lewat mediasi," ujar Panitera Pengganti Komisi Informasi Sumbar Kiki Eko S. (000)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




      hukumsumbar